PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DI BIMA INDONESIA

  • Sudarno SMP Negeri Lambu Satap Bima Nusa Tenggara Barat
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Media, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi dan motivasi belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di SMP Negeri 7 Lambu Satap Bima Nusa Tenggara Barat. Tujuan ini dicapai dengan menerapkan penelitian deskriptif kualitatif. Kerangka STAR yang mencakup Situasi-Tantangan-Aksi-Refleksi digunakan sebagai panduan dalam menganalisis dan mendeskripsikan keunggulan model NHT terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari soal tes untuk mengukur prestasi belajar matematis siswa dan juga angket untuk mengukur perubahan motivasi belajar siswa. Hasil analsiis memperlihatkan bahwa penggunaan metode NHT dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa terlihat dari angka ketuntasan 93,33%. Pemilihan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT yang didukung media intereaktif yang di gunakan oleh guru sudah tepat dan dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran dan memberikan motivasi belajar yang lebih baik kepada siswa. Model ini dapat menjadi pilihan karena dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan yang dapat membantu siswa memahami pembelajaran.

Published
2024-06-06
Section
Articles