PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK

  • Wiwi Apriani SMK Negeri 2 Soromandi Bima NTB
Keywords: Model problem-based lesrning, Kemampuan berpikir kritis, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikirkritis matematis siswa SMKN 2 Soromandi Bima Nusa Tenggara Barat yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model problem-based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengankerangka STAR yang mencakup Situasi-Tantangan-Aksi-Refleksi sebagaipanduan analisis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiridari soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa.  Hasil analsiismemperlihatkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkankemampuan berpikir kritis siswa karena dalam prosespembelajaran siswa lebihbanyak berdisksui, bekerja sama, melakukan presentasi dan menyeelsaikanmasalah secara berulang di bawah bimbingan guru. Pemilihan PBL denganmemanfaatkan teknologi dan ultimedia yang di gunakan oleh guru secaralansung dapat mempermudah siswa dalam mengabstraksi konsep sehinggudapat menudkung kemampuan berpikir kritis mereka. Model PBL direkomendasikan diterapkan dengan mengintegrasikan teknologi dan multimedia sehingga menarik bagi siswa dan membantu memperjelas konsepyang dipelajari.

Published
2024-06-14
Section
Articles