PERAN GURU PENDAMPING TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF PADA JENJANG SEKOLAH DASAR
Abstract
Guru pendamping khusus memiliki peran penting dalam pendidikan di sekolah inklusif, tetapi sering kali peran guru pendamping kurang dipahami dan dianggap hanya sekedar membantu guru kelas. Padahal guru pendamping memiliki peran yang multifaset yakni terlibat dalam berbagai aspek dan tanggung jawab yang kompleks dalam konteks pendidikan inklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendamping di sekolah inklusif, hubungan yang terjalin antara guru pendamping dengan anak berkebutuhan khusus, serta tantangan yang dihadapi sebagai seorang guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Proses pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengamati, mewawancarai, mencatat, serta mendalami fenomena yang terjadi terkait guru pendamping khusus pada jenjang sekolah dasar. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendamping memiliki peran sebagai fasilitator, inspirator, dan motivator. Seorang guru pendamping juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan anak berkebutuhan khusus untuk memudahkan dalam mengetahui kondisi dan kebutuhannya. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusi tidak terlepas dari beberapa tantangan yang dialami oleh guru pendamping.