PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN GEDONGOMBO VI KABUPATEN TUBAN.
Abstract
Membaca memiliki peran yang sangat vital dalam menyumbang generasi-generasi emas pembawa kemajuan, tentu kita sepakat bahwa membaca akan meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca melalui permainan kartu huruf dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Gedongombo VI Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban sebanyak 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa