PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • San Selvianus Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Eufrasia Jeramat Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Apolonia H. Ramda Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: STS Bermuatan Pendidikan Karakter Model, Hasil Belajar, Motivasi

Abstract

The purpose of this study aims to find out: (1) Differences in learning outcomes between groups of students studying with STS with character education (STSBPK) and direct learning models (MPL). (2) Interaction of learning models towards learning outcomes concerning learning motivation (MB) students (3) Differences in learning outcomes between groups of students studying with STSBPK and MPL in students who have high MB. (4) Differences in learning outcomes between groups of students studying with STSBPK and MPL in students who have low MB. This study was a quasi-experimental with a 2x2 factorial design with a posttest-only control group design pattern. The subject of this study was class X SMA Budi Dharma Cancar 2016/2017 academic year. The sample amounted to 84 students with the sampling technique using simple random sampling. Learning outcomes data were collected with 40 items of learning outcomes tests while learning motivation data were collected with 38 questionnaire items. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and two-way ANOVA.

Author Biographies

San Selvianus, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Program Studi Pendidikan Matematika

Eufrasia Jeramat, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Program Studi Pendidikan Matematika

Apolonia H. Ramda, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Buku I. Helly Prajitno Soetijipto dan Sri M Soetjipto. Yokyakarta: Pustaka Belajar,

Azwar, Saifudin. 1998. Sikap Manusia Teori dan Pengukuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boud, D. Dan Felleti, G.I. 1997. The challenge of problem based learning. London: Kogapage

Candiasa, I Made. 2011. Inovasi Pembelajaran Berorientasi PAKEM dan Asesmen Pembelajaran. Materi Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Singaraja: Undiksha.

Darmadi, H. 201. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Icha K. Wati, dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STM terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.7. No.3. hal. 1-10.

Indrawati. 2007. Model Pembelajran Langsung. Modul. PPPG IPA

Jihad, A & Haris, A. 2010. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Koyan, I. W. 2007. Statistik Terapan: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Khoild M. 2013. Problematika Pendidikan di Indonesia. Journal Edu-Bio. Vol.4,Tahun 2013.

Listyono. 2012. Pendidikan Karakter dan Pendekatan SETS dalam Perencanaan Pembelajaran Sains. Jurnal Phenomenon. Vol. 2 No. 1, Juli 2012

Muslich. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Edisi Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, H.E. 2011. Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bnadung: Alumni

Nofrizal Ferdy (2010) dalam skripsi berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika pada Konsep Usaha Energy. UIN Syarif Hidayatulah: Jakarta

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah.Petunjuk Teknis Analisis Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas

Sadia, I W. 2008. Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 41(2),219-237, April 2008.

Sadia.I W, Arnyana Putu & Muderawan I W. 2013. Model Pendidikan Karakter terintegrasi Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Indonesia 2013. Vol.2,No 2, Oktober 2013

Sadia, I W. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.2, No.2

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

_______2011. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman, A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

_______2011. Interkasi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sariasih, N. M. 2011. Pengaruh Penerapan Pendekatan Siklus Belajar Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mengwi. Tesis (tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.

Setyosari. 2010. Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Schunk, D. H, Pintrich. P. R, Megge, J. I. 2008. Motivasi dalam Pendidkan. Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka.

____, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Woolfolk, Anita. 2007. Educational psycho-logy. Boston: Pearson.

Yamin, M. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

______, 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakatra: Gaung Persada Press.

Zuchdi, D., Prasetya, Z.K., & Masruri, M.S 2010. Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Jurnal IPA
Published
2018-11-01