PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA DAN TK NEGERI MANO

  • Theresia Alviani Sum PG PAUD Unika Santu Paulus Ruteng

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan para guru PAUD dalam menyusun, menilai dan mengolah data perkembangan anak usia dini. Data perkembangan anak diperoleh dari sesuai tidaknya perangkat penilaian yang digunakan, pelaksanaan penilaian serta pengolahan data penilaian yang memadai serta mencakup semua aspek perkembangan anak. Penelitian dilaksanakan di TK Dharma Wanita dan TK Negeri Mano. Penelitian difokuskan pada kemampuan guru dalam menilai perkembangan anak serta kemampuan guru dalam mengolah data penilaian untuk menjadi laporan penilaian perkembangan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

                Data hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam menilai dan mengolah data penilaian sangat kurang. Format penilaian yang disusun tidak sesuai dengan rencana pembelajaran yang digunakan serta tidak sesuai dengan usia perkembangan anak. Penilaian dititikberatkan pada penilaian hasilkaryaanak namun tidak diolah dengan baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa penilaian perkembangan yang dibuat guru tidak dapat digunakan untuk menjadi ukuran pencapaian perkembangan anak.

Diterbitkan
2020-01-01