PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBAHAN DASAR KERTAS BEKAS BERBASIS KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

  • Nurul Hidayah Safitri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Developing, Media, Pop Up Book, Used Paper, Creativity

Abstract

This study aims to develop a Pop Up Book learning media made of used paper based on students' creativity on climate change material. The research was conducted using a mixed approach, which combines quantitative and qualitative approaches. This research is a study to develop a product or perfect an existing product. The development process refers to a 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) which was modified into 3-D only by eliminating the disseminate or deployment stage due to time constraints. The results showed validation with a score of 85% from material experts, 71.42% from media experts, 95% from field experts, from the three experts the results averaged to 83.80%. Student responses to learning using pop up book learning media showed results of 89.19%.

References

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15-22.
Agusman. (2016). Desain Model Pembelajaran Matematika Yang Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 111-121.
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model ADDIE Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19-23.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40-50.
Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No.2.
Fitriawan, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Melalui E-Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 330-339.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4. No. 2. Hal: 129-150.
Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).
Jabri, U., Sukaryadi, A., Andika, A., Amin, S. Y., Arni, A., & Elihami, E. (2020). Media Pembelajaran Pop-Up Book Kelas V SDN 181 Curio yang Kreatif dan Inovatif. Maspul Journal Of Community Empowerment, 2(2), 34-39.
Karimah, S., Utami, R., & Hidayah, N. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 97-101.
Mariani, S., Wardono, & Kusumawardani, E. D. (2014). The Efectiveness of. Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial.
Maryanti, S., & Trie Kurniawan, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26-33.
Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-d untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131-134.
Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 331-342.
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Prayitno, S. H., Erlin L. (2017). Pengembangan Modul Matematika Diskrit untuk Meningkatkan Multiple Intelligences Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 28 (1): Hal: 189-196.
Published
2022-02-28
How to Cite
Safitri, N. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBAHAN DASAR KERTAS BEKAS BERBASIS KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 3(1), 51-57. Retrieved from http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/1293