APRESIASI MATEMATIKA DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER PADA SISWA KELAS VIII
Abstract
Apresiasi matematika adalah penilaian secara sadar akan peran penting matematika dalam hidup kita. Makin tinggi apresiasi matematika maka motivasi belajar matematika juga makin tinggi. Sementara ada pendapat ahli yang mendukung perbedaan di mana pada urusan yang sulit dan abstrak seperti matematika, apresiasi kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita. Melalui penelitian deskriptif-kiantitatif, dengan pada nilai rata-rata, yang melibatkan 114 pria dan 114 wanita dari 560 siswa kelas VIII sekecamatan Poco Ranaka Barat, Manggarai Timur, NTT, diperoleh kesimpulan (1) apresiasi matematika siswa kelas VIII sekecamatan Poco Ranaka Barat berada pada tingkat sedang; dan (2) tidak ada perbedaan tingkat apresiasi matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan.
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Candiasa, I.M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.
Kusumawati, A. 2007. “Kepemimpinan dalam Perspektif Gender: Adakah Perbedaan?” Ada pada Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.1. Juni 2007.
McRae, K. et.al. 2008. Gender Differences in Emotion Regulation: An fMRI Study of CognitiveReappraisal. Los Angeles: SAGE Publications.
National Center for Education Statistics (NCES). 1997. Women in Mathematics and Science. Washington: U.S. Department of Education, Office of Educational Research and Improvement.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Riduwan & Engkos, A.K. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.
Santrock, J.W. 2003. Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta