MAKNA SIMBOLIS EKSPRESI BUDAYA DALAM FILM “DENIAS, SENANDUNG DI ATAS AWAN”

  • Fransiska Desiana Setyaningsih Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira
Keywords: film, semiotik, ekspresi budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna simbolis ekspresi budaya dalam film “Denias, Senandung di Atas Awan”. Penggunaan metode dan teknik Semiotik dari Roland Barthes dianggap mampu untuk mengungkap makna terutama berkaitan dengan ekspresi budaya yang ditampilkan dalam film tersebut baik berupa tanda verbal maupun tanda nonverbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) ekspresi budaya, yakni (a) Tanda akil baliq bagi laki-laki melalui upacara pemasangan koteka yang selain sebagai tanda kesopanan juga sebaga tanda bagi laki-laki menuju arah pendewasaan; (b) Pemisahan rumah tinggal antara laki-laki dan perempuan sebagai tanda kemandirian; (c) Mitos suanggi, yaitu kepercayaan masyarakat setempat berkaitan dengan sosok menyeramkan dan dapat berubah wujud; d. Upacara berkabung yang ditandai dengan Potong jari yang dimaknai sebagai rasa kesedihan dan kehilangan mendalam, dan Mandi lumpur yang dimaknai sebagai cara menyucikan diri dari dosa

References

Christiani, Lintang Citra. 2017. Representasi Identitas Etnis Papua dalam Serial Drama Remaja “Diam-Diam Suka’. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media. Vol.1 No.1:15-30.

Harnani, Santi, Edy Suryanto dan Raheni Suhita. 2013. Unsur-unsur Dramatik dan Nilai Pendidikan Film Denias Senandung di Atas Awan serta Relevansinya sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia di SMP. Jurnal Basastra. Vol.1 No.2:1-12.

Kriyantono, Rachmat. 2007.Teknik Praktis Riset Komunikasi, Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Buku Kencana.

Littlejohn, Stephen W. 2002.Theories of Human Communication, Seventh Editon. USA: Book Wadsworth Publishing Company.

Melati, Katarina Rima. 2014. Pendidikan sebagai Perekrut dalam Komunitas Terbayang: Analisis Wacana dalam Film Denias Senandung di Atas Awan. Journal of Urban Society’s Arts. Vol.1 No.2:91-97.

Pratista, Himawan. 2008.Memahami Film. Yogyakarta: Buku Homerian Pustaka.

Sobur, Alex. 2002.Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Buku PT. Remaja Rosdakarya.

. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Buku PT. Remaja Rosdakarya.

Wening, Maria. 2004.Identitas Kaum Muda Dalam Majalah Independen (Analisis Semiotik Majalah Outmagz).Jakarta: Tesis. Program Pascasarjana Fisip – Universitas Indonesia.

Vardiansyah, Dani. 2004.Pengantar Ilmu Komunikasi, Pendekatan Taksonomi Konseptual. Bogor: Buku Ghalia Indonesia.

http://perfilman.pnri.go.id, Denias, Senandung di Atas Awan, diunduh 25 Juni 2018.

www.hatunegeriku.com, Koteka di Tanah Papua, 10 Januari 2010, diunduh 18 Agustus 2018.

www.obi.or.id, Film, Sebagai Media Pembelajaran Anak-anak, Senin, 19 Januari 2009, diunduh 27 April 2018.
Published
2019-07-22
How to Cite
Fransiska Desiana Setyaningsih. (2019). MAKNA SIMBOLIS EKSPRESI BUDAYA DALAM FILM “DENIAS, SENANDUNG DI ATAS AWAN”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 254-269. Retrieved from http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/158