PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Guru perlu menggunakan multimedia interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran. Multimedia pembelajaran berbasis komputer bermanfaat sebagai alat bantu yang mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran sekaligus sebagai strategi untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang sudah ditetapkan. Proses pembelajaran dengan bantuan multimedia menjadi lebih interaktif, efektif, efisien, menarik, serta mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif menempatkan guru sebagai pendamping atau fasilitator bagi siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran bukan lagi berpusat pada guru (teacher-centered learning), tetapi berpusat pada siswa (student-centered learning). Proses pembelajaran dengan bantuan multimedia interaktif berbasis komputer mendorong siswa supaya lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Dengan itu, siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya.
References
Ariani, Niken & Haryanto, Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Elliot, S.N. et.al. 2000. Educational Psychology, Effective Teaching, Effective Learning, (3rd ed.). Boston: McGraw Hill.
Gagne, R.M. & Briggs L.J. 1979. Principles of Instructional Design. (2nd ed.). New York: Holt, Rinenart and Winston.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardjito. 2004. “Peran Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Ditinjau dari Persepektif Pendidikan Progresif” dalam Jurnal Teknodik, Vol.VIII, No.14, pp.93-95
http://www.uic.edu/depts/accc/newsletter/adn06/realistic.html. Diakses 15 Mei 2015.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Molenda, M.,et.al. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. (8th ed.). Ohio: Pearson Education.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Newby, T.J., et.al. 2000. Instructional Technology for Teaching and Learning, (2th ed.). Ohio: Merill.
Phillips, R. 1997. The Developer’s Handbook to Interactive Multimedia, A practical Guide for Educational Applications. London: Kogan Page Limited.
Sadiman, S. Arif, dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Seels, B. B., & Richey R.C. 1994. Instructional Technology: The Defenition and Domains of the Field. Washington DC: Association For Educational Communications and Technology (AECT).
Slavin, R.E. 2006. Psikologi Pendidikan:Teori dan Praktek, terjemahan oleh Marianto Samosir. 2008. Edisi ke-8. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Smaldino, S.E. dan Lowther D.L. Russel J.D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning, (9th ed.). Ohio: Pearson Education.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sutopo, A, Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: ANDI.
Uno, B. Hamzah. 2009. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Winarno, dkk, 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.