Analisis Dampak Pertanyaan Guru Terhadap Kontribusi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

  • Germana Oreng Ritan Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
Keywords: pertanyaan guru, dampak pertanyaan, kontribusi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak pertanyaan guru terhadap kontribusi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa kelas VIII SMP St. Antonius Padua Leworahang yang berjumlah 47 orang.  Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, rekaman audio, dan wawancara. Instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar observasi, transkrip pertanyaan guru dan respons siswa dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan dampak pertanyaan guru terhadap kontribusi siswa. Dari hasil analisis data ditemukan empat hal, yakni (1) sebanyak 50 % pertanyaan guru berdampak pada kontribusi siswa dalam interaksi kelas, yaitu siswa dapat berpartisipasi  untuk merespon pertanyaan berdasarkan pola pertanyaan Ya/tidak; (2) siswa dapat mengingat kembali materi yang telah disajikan; (3) siswa merespon pertanyaan berdasarkan materi atau teks yang sudah dipelajari; dan (4) siswa tidak terlibat dalam pemikiran kritis mengembangkan bahasa untuk mengungkapkan ide dan gagasan serta memberikan informasi tentang sesuatu.

References

Anderson, L.W. & Krathwohl. D.R (2001). A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy.Newyork. Longman Published.

Brown, G. & Wragg, E.C. (1994). Questioning Routledg (sic).

Homiloglu, K. (2012). The Impact Of teacher Question on Student Learning in EFL. Journal of Language Teaching and Research. 8 (1).

Miles, M. B & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks: Sage.

Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology: a textbook for the teacher: Prentice Hall.

Richard & Lochard (1994). Reflective Teaching in Second Language Classroom. London: Cambridge University Press.

Toni, A. (2013). The Status of Teacher Questions and Students’ Response. Language Teacher and Research Journal, 4 (3), 560 – 569.

Walsh, S. (2006).Investigating Classroom Discourse. London: Routledge.

Published
2020-12-30
How to Cite
Ritan, G. O. (2020). Analisis Dampak Pertanyaan Guru Terhadap Kontribusi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(2), 173-178. https://doi.org/10.36928/jpro.v3i2.699
Section
Articles