PENINGKATAN MUTU PENGETAHUAN SISWA MENGENAI NATURAL SCIENCE DI MI IKHSANIYAH KUPU: PENGENALAN DAN PRAKTIK PENGGUNAAN MIKROSKOP

  • Rifatul Masrikhiyah Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Muhadi Setiabudi
Keywords: natural science, mikroskop, alat peraga

Abstract

Peningkatan Mutu Pengetahuan Siswa Mengenai Natural Science di MI Ikhsaniyah Kupu: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Mikroskop. Salah satu indikator dalam belajar-mengajar adalah berhasil, di mana siswa dan siswinya mampu menerangkan kembali atau mampu mengaplikasikan apa yang mereka peroleh selama proses belajar mengajar. Penggunaan alat peraga atau praktik dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu cara untuk menarik minat perhatian siswa dalam proses belajar dan meminimalisir kejenuhan siswa dalam proses belajar yang monoton.Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah meningkatkan mutu pengetahuan siswa mengenai Natural Science di MI Ikhsaniyah Kupu. Penelitian ini berbentuk PkM yang dilakukan di MI Ikhsaniyah Kupu pada Februari 2018. Target atau sasaran kegiatan ini yaitu siswa sekolah dasar yang bersekolah di MI Ikhsaniyah Kupu. Subjek pengabdian adalah siswa MI Ikhsaniyah Kupu kelas 5 dan 6. Metode kegiatan menggunakan metode pre dan post. Hasil pengabdian ini ditemukan terdapat peningkatan mutu pengatahuan siswa mengenai Natural Science di MI Ikhsaniyah Kupu, khususnya mengenai mikroskop baik manfaat, fungsi dan bagian-bagian mikroskop itu sendiri yang awalnya hanya sekitar 20% siswa yang memahami mikroskop, dan setelah diadakan kegiatan tersebut meningkat menjadi 90% dari total siswa kelas 5 dan 6.

References

Hamdani, Dedy, Kurniati, Eva ,dan Sakti, Indra. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10 (1). Pp. 79-88.

Hasdar Muhammad, Melly Fera, dan Adita M.D. 2018. Peningkatan Pengetahuan dan Skill Bisnis Calon Wirausahawan Muda di SMK Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) di Warungpring Kabupaten Pemalang. Proceeding SNKPPM. Vol (1) : 1.

Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
2019-01-21
How to Cite
Rifatul Masrikhiyah. (2019). PENINGKATAN MUTU PENGETAHUAN SISWA MENGENAI NATURAL SCIENCE DI MI IKHSANIYAH KUPU: PENGENALAN DAN PRAKTIK PENGGUNAAN MIKROSKOP. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-45. Retrieved from http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jrt/article/view/280