PELATIHAN MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN BAGI GURU PAUD DI PKG CIBAL DAN CIBAL BARAT

  • Felisitas Ndeot Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus
  • Beata Palmin Program Studi PG-PAUD STKIP St. Paulus
  • Petrus Redy Partus Jaya Program Studi PG-PAUD STKIP St. Paulus
Keywords: Pelatihan, Perencanaan Pembelajaran, Guru PAUD

Abstract

Pelatihan Menyusun Rencana Pembelajaran bagi Guru PAUD di PKG Cibal dan Cibal Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAUD yang bergabung dalam PKG Cibal dan Cibal Barat. Para guru anggota PKG Cibal dan Cibal Barat menyadari akan pentingnya kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan yang dapat menambah kemampuan para guru yang sebagian besar merupakan tamatan SMA/setara. Rencana pembelajaran merupakan sarana bagi guru dalam merancang kegiatan main di PAUD. Para guru diharapkan mampu merancang rencana pembelajaran sesuai dengan karakteristik, situasi, dan kondisi di mana satuan PAUD berada agar pemeblaajaran yang diberikan berlangsung menyenangkan dan menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode diskusi, pendampingan, dan latihan.

References

Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman K-13 PAUD. Jakarta.
Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Perencanaan Pembelajaran PAUD.Jakarta.

Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Penilaian di PAUD. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman KTSP PAUD. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Pengembangan Tema di PAUD. Jakarta.

Haenilah, Een Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Masitoh, dkk. 2005. Pendekatan Pembelajaran Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Struktur Kurikulum PAUD. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Published
2019-01-21
How to Cite
Felisitas Ndeot, Beata Palmin, & Petrus Redy Partus Jaya. (2019). PELATIHAN MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN BAGI GURU PAUD DI PKG CIBAL DAN CIBAL BARAT . Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 46-53. Retrieved from http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jrt/article/view/281