PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERANGKAT DESA PONG LENGOR, KECAMATAN RAHONG UTARA, KABUPATEN MANGGARAI

  • Yohannes Marryono Jamun Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: komputer, teknologi informasi, pemerintah desa

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah suatu upaya UKI Santu Paulus Ruteng untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. Berdasarkan hal ini, tim mengajukan usulan kegiatan PkM di Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai. Tujuan PkM ini adalah untuk memberi latihan keterampilan dasar komputer dan teknologi informasi kepada masyarakat Desa Pong Lengor, khususnya pemerintah atau perangkat desa. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi perangkat desa tentang manfaat komputer dan teknologi informasi (internet), terutama dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan serta pemecahan masalah yang terkait dengan pekerjaan-pekerjaan administratif perangkat desa. Target luaran kegiatan ini adalah peserta pelatihan memiliki bekal dalam hal mengoperasikan komputer, dapat memanfaatkan komputer dan internet untuk memecahkan aneka masalah yang dihadapi, dan dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepada stakeholders, terutama dalam hal kinerja efektifitas dan efisiensi di berbagai bidang.

References

Indrajit, R. E. 2002. e-Government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Kuswandi, A., & Kurniasih, D., dan Karniawati, N. 2018. Pelatihan E-Government Bagi Aparat Pemerintah Desa di Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Mandiri. Vol. 2. No 1 Juni.

Pujiriyanto, 2009. Peranan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak,

Dinamika Pendidikan. Jurnal FIP Universitas Negeri Gorontalo. Vol. 16, No.1 Desember.

Taman, A., Setyorini, D., & Priantenah, D. 2015. Pelatihan Penyusunan Laporan

Keuangan Dana Desa Bagi Perangkat Desa di Kecamatan Gamping Sleman. Laporan Kegiatan PkM: UNY.

Ulina, S. 2014. Tugas dan Fungsi Kepala Desa Beserta Perangkat Desa dalam Meningkatkan Kinerja Pada Kantor Desa Namo Bintang Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Perspektif. Vol. 7. No 2 Oktober.

Wahyono, T. 2006. Etika Komputer dan Tanggung Jawab Profesional di Bidang Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. 2014. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. Vol. 6. No 3 Maret.
Published
2019-07-21
How to Cite
Yohannes Marryono Jamun. (2019). PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERANGKAT DESA PONG LENGOR, KECAMATAN RAHONG UTARA, KABUPATEN MANGGARAI. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 146-152. https://doi.org/10.36928/jrt.v2i2.392