Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Curiosity Siswa SMP Negeri 2 Langke Rembong

  • Longginus Marus SMP Langke Rembong
Keywords: Peningkatan Prestasi, Pendekatan, problem posing dan curiosity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan prestasi belajar matematika menggunakan pendekatan problem posing ditinjau dari curiosity siswa SMP Negeri 2 Langke Rembong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIK SMP Negeri 2 Langke Rembong tahun pelajaran 2018/2019.  Data penelitian diukur dengan menggunakan angket Curiosity Siswa dan Prestasi Matematika Siswa. Data dianalisis dengan cara menelaah seluruh data yang tersedia dari sumber yaitu angket, hasil wawancara, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika,dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan curiosity siswa  khususnya pada Standar Kompetensi: memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah di kelas VIII-K SMP Negeri 2 Langke Rembong. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes belajar dan penilaian hasil observasi curiosity siswa. Prestasi belajar dan curiosity siswa dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30