Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Fulgensius Efrem Men Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Fridolin Asman Janur Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Ferdinandus Adrian Ali Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi Kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI APH SMK Sadar Wisata Ruteng yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran konvesional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 342 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sampel berjumlah 85orang. Data dikumpulkan menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil analisis data penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 80,29 dan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,36. Sebelum melakukan uji analisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil hitung t = 5,4709dan tabel t = 1,9889,pada taraf signifikan 0,05 . Karena thitung = 5,4709 3 ≥ ttabel = 1,9889 maka ditolak dan diterima, Artinya kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30