Vol 1 No 1 (2022): E-PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI PERTANIAN BERKELANJUTAN (INOPTAN)

Seminar nasional INOVASI TEKNOLOGI PERTANIAN BERKELANJUTAN (INOPTAN) merupakan forum diskusi akademik yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Seminar nasional INOPTAN dilaksanakan satu kali dalam satu tahun akademik dan luaran yang dihasilkan berupa prosiding seminar nasional yang diterbitkan satu kali dalam satu tahun akademik. Forum diskusi ini akan memfasilitasi para akademisi, praktisi, mahasiswa dan semua pemangku kepentingan yang sama untuk mendiseminasikan hasil studi ilmiah atau konseptual berkaitan dengan inovasi-inovasi teknologi di bidang pertanian secara luas dalam mendukung kemajuan pertanian Indonesia mulai dari hulu sampai hilir. Apalagi situasi saat ini sangat diperlukan inovasi teknologi tersebut untuk mengatasi tantangan-tantangan terkini agar perekonomian petani dapat dipulihkan kembali. Adapun Fokus Scope artikel yang dapat diseminarkan pada acara ini meliputi:

  1. Sosial Ekonomi Pertanian : bidang komunikasi dan penyuluhan pertanian, kelembagaan pertanian, tata niaga, hasil-hasil pertanian, penanganan pasca panen, pemasaran pertanian.
  2. Teknologi Pertanian
  3. Perikanan
  4. Peternakan : produksi ternak, genetika dan pemuliaan ternak, nutrisi ternak dan kesehatan ternak
  5. Agronomi : budidaya, teknologi benih, pemuliaan dan bioteknologi tanaman, hama dan penyakit tanaman, arsitektur lanskap
Diterbitkan: 2022-10-12