PENGARUH METODE COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SD

  • Burhanuddin Burhan Universitas Hamzanwadi
  • Zulfadli Hamdi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi
  • Biaq Ida Wirasasih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Complete Sentence Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas III SDN 01 Korleko  Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Postest. subjek penelitian ini seluruh kelas III dengan jumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan tes tulis berbentuk essay dengan jumlah 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dalam keterampilan menulis siswa sebelum diberikan perlakuan (pre test) memperoleh nilai rata-rata 57,6, sedangkan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan (post test) 72,6. Untuk uji normalitas digunakan rumus chi-kuadrat hasil pretest adalah X2hitung pretest = 6,466 dengan X2 tabel 11,070. Sedangkan hasil posttest X2hitung = 8,946 dengan X2 tabel 11,070.  Maka diperoleh kedua data berdistribusi normal karna X2hitung < X2 tabel. Sedangkan dari hasil uji hipotesis ada taraf signifikan 5% diperoleh thitung  > ttabel yaitu 7,6 > 1,7207 ini menunjukkan Ha diterima Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat pengaruh Metode Complete Sentence Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas III SDN 01 Korleko  Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Kata kunci: Metode Complete Sentence, Media Gambar, Keterampilan Menulis.

References

Abidin, Y., (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Abi, H., , Mustofo, R,. Rahmi, dkk (2020). Metode Pembelajaran. Mrdan. Yayasan Kita Menulis.

Jalinus, Nizwardi & Ambiyar (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencanan.

Nafi’ah, S,. Anisatun (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri ,Delia & Elvina (2019). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Game’s. Srabaya: Qiara media.

Wartini,cucu (2017). Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. Mimbar Sekolah Dasar, Vol 4, No 3, Hal 256-263.
Published
2021-07-26
How to Cite
Burhan, B., Zulfadli Hamdi, & Biaq Ida Wirasasih. (2021). PENGARUH METODE COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 90-95. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.853