PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Nurul Ainun Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi
  • Yuniar Lestarini Universitas Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ditemukan masih banyak orang tua yang kurang menyadari arti pentingnya pendampingan dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah angket pendampingan orang tua yang sudah dilakukan pengujian validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan dokumentasi berupa hasil gambar fasilitas belajar, pendampingan anak dalam proses belajar dan lingkungan belajar yang kondusif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Uji normalitas menggunakan kolmograv smirnov dengan hasil perhitungan 0,20 dan uji linieritas 0,77. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan untuk uji hipotesis, pengaruh pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 79,7% dengan  = 13,717 dan nilai signifikansi 0,00  0,05 berarti hipotesis penelitian diterima. Sedangkan sumbangan sebesar 20,3% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Dengan demikian terdapat pengaruh pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 1 Sukamulia dimasa pandemi covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021.

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV Widya Puspita.
Bakhtiyar. (2018). peran keluarga sebagai pendamping belajar anak dalam meraih prestasi belajar di sekolah melalui pemanfaatan layanan jasa informasi perpustakaan. jurnal perpustakaan universitas airlangga, Vol. 8 No. 1 Hal 37-45.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Husni, Muhammad, W. Lasmawan & A.A.I.N. Marhaeni. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar PKn Kelas IV SD Gugus I Selong ditinjau dari Motivasi Belajar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Nomor 1.
Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: CV.Wade Group.
Siregar, S. (2018). Statistika Deskriptif untuk Penelitian dilengkapi Perhitungan Manual dan aplikasi SPSS Versi 17. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Suyono. (2015). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2021-07-29
How to Cite
Nurul Ainun, Husni, M., & Yuniar Lestarini. (2021). PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 141-147. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.857