PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MEMBANTU PESERTA DIDIK YANG BERKEMAMPUAN RENDAH PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR

  • Mariana Jediut unika santu paulus
  • Fransiska Jaiman Madu unika santu paulus

Abstract

Abstract

Education is related to learning and the implementation of learning is always related to learning methods. The learning method is an ordinary thing that is always discussed and even some people consider it to be an unimportant issue. This study aims to describe the use of peer tutoring methods in helping elementary school students with low abilities. This research uses literature study method. The data collection is done by tracing various relevant literatures. Data were analyzed using descriptive and comparative methods. The results of the study show that the use of peer tutoring methods can improve the ability of elementary school students. The implementation steps are 1) to recruit students with good abilities; 2) capture low-ability students; 3) the formation of heterogeneous groups; 4) determine the material for each group; 4) tutor guidance; 5) determining the schedule of activities; 6) checking the results of peer tutoring activities; 7) follow-up.

References

Anas, M. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: CV. Pustaka Hulwa.

Arjanggi, R. & Suprihatin, T. 2010. “Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri”. Makara, Sosial Humaniora, 14 (2),91-97. Retrieved from http://hubsasia.ui.ac.id/old/index.php/hubsasia/article/view/666/53

Fitri, Fauziah. https://www.kompasiana.com/fauziah.fitri/552fc2256ea8348f328b4585/manfaat-model-pembelajaran-tutor-sebaya-untuk-pembelajaran-matematika?page=all

Jediut, M.; Madu, F.J.; & Juano, A. 2020. “Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghitung Siswa Kelas Tinggi di SDI Kenda melalui Tambahan Jam Pelajaran”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4 (1).
Kemdikbud.go.id https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Kiat-Belajar-dengan-Tutor-Seba-31/konten3.html

Munthe, A.P. & Naibaho, H.P. 2019. “Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (2).
Musdiani. 2017. “Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 38 Banda Aceh pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat”. Jurnal Tunas Bangsa, 4 (2).

Nurmala, Sukayasa, dan Baharuddin Paloloang. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 20 Toli-Toli Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 9
Patamani, H. 2018. “Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas pada Permainan Bola Voli Mini”. AKSARA Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 04 (01).

Purwantati, Y.R. 2018. “Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Skalar Dua Vektor”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (3).

Putra, L.V.; Purwanti, K.Y.; & Khoiriyah, I.S.A. 2018. “Pembelajaran Matematika Model Tutor Sebaya dengan Strategi Heuristik Vee”. JANACITA: Journal of Primary and Children’s Education, 1 (2).

Sarjaya dan Ahdiyat. 2014. “Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikan Pada materi Pengolahan Data”. Jurnal Formatif 4(1): 71-79.

Setiawan, I.W.B; Artawan, I.G; & Rasna, I.W. 2014. “Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Dongeng Siswa Kelas VII A1 di SMP Negeri 3”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undikhsa, 2 (1).
Published
2021-07-29
How to Cite
Jediut, M., & Madu, F. J. (2021). PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MEMBANTU PESERTA DIDIK YANG BERKEMAMPUAN RENDAH PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 134-140. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.859