PENGEMBANGAN MEDIA ICT BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

  • Indah Mafazatin Nailiah UPI Kampus Tasikmalaya
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Pengembangan Media Ict Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, sehingga bisa menjadi solusi permasalahan terkait minat belajar siswa dan tingkat fokus siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran ICT berbasis video animasi melalui Canva dengan mengacu pada kurikulum 2013 untuk siswa sekolah dasar. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun dalam mengembangkan produk media pembelajaran ICT ini menggunakan jenis model ADDIE yang mencakup lima langkah yaitu: tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Sasaran uji coba produk yaitu siswa SD. Subyek penilaian produk terdiri atas satu ahli yaitu dosen sebagai ahli media. Hasil penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran ICT berbasis video animasi melalui Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD. Dari hasil validasi implementasi, media pembelajaran ICT berbasis video animasi melalui Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD diperoleh hasil layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang dikembangkan.

References

Fakhruddin, & Ahmadi, F. (2017). Ibm Guru Sekolah Dasar Melalui Upaya Peningkatan Kualitas Guru Dengan 1 Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Abdimas, 21(2), 103–110.
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa Pada Matakuliah English For Information Communication And Technology. Jurnal Bangun Rekaprima, 07(2), 80–89.
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses. Jurnal Retorika, 9(2), 90–163. https://media.neliti.com/media/publications/256786-inovasi-pembelajaran-bahasa-indonesia-me-a5d1ddc4.pdf
Mardhatillah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Materi Teks Narasi di Kelas IV SD/MI. Jurnal Bina Gogik, 2(2), 10–25.
Novita, L., Windiyani, T., & Fazriani, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 02(02), 82–86.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.
Pratiwi, R. W. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 09(08), 2969–2982.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343.
Sari, S. D. P. (2015). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, November, 36–44.
Siti, G. W., Marlini, S. C., & Helminsyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup Di Sekitar Kita Untuk Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–24.
Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196.
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.
Published
2022-04-22
How to Cite
Indah Mafazatin Nailiah, & Erwin Rahayu Saputra. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA ICT BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(1), 8-15. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.976