ANALSIS KEMAMPUAN GURU PAUD DI KECAMATAN SATAR MESE UTARA DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

  • Fransiskus De Gomes Prodi PG PAUD FKIP UNIKA Santu Paulus
  • Anjelina Ofita Bello
Kata Kunci: Penerapan, Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013, PAUD

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Realitas pembelajaran saat ini masih menemukan perlakuan bahwa guru menjadi pusat pembelajaran dan peserta didik sebagai objek pembelajaran. Hal ini bertentangan dengan tunturan Kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, peserta didik dituntut untuk berperan aktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan guru PAUD dalam menerapkan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain deskriptif. Subyek penelitian adalah para guru PAUD di Kecamatan Satar Mese Utara Kabupaten Manggarai. Jumlah subyek penelitian adalah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa secara konseptual para guru memahami secara baik pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013. Namun dalam pelaksanaannya, para guru belum mampu menerapkan pendekatan saintifik secara tepat. Kelemahan yang dialami guru adalah belum mampu menerjemahkan konsep ke dalam perangkat pembelajaran yang berbasis pada pendekatan saintifik. Hal inilah yang membuat guru tidak dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik secara benar.

Diterbitkan
2022-04-08