Metode Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Golo Jambu Narang
Metode Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Golo Jambu Narang
Abstrak
Penelitian ini dilakukan karena sebagian besar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Golo Jambu belum mampu mengungkapkan bahasa, memahami bahasa serta keaksaraan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kreativitas dan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang seperti apa metode guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Negeri Golo Jambu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 1 orang yaitu guru kelas kelompok B (5-6) tahun di TKK Negeri Golo Jambu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data mengacu pada model interaktif Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Negeri Golo Jambu menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti metode bercerita, metode tanya jawab, bercakap-cakap dan pemberian tugas, yang dapat membantu mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di lembaga tersebut. Namun, metode yang digunakan masih belum mampu meningkatkan bahasa anak usia 5-6 tahun. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa selain penggunaan metode yang bervariasi, guru harus meningkatkan pemberian motivasi serta variasi penggunaan media dalam kegiatan belajar.