PENGEMBANGAN TEMA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

  • Gervasius Adam STKIP Santu Paulus Ruteng
Keywords: Pengembangan Tema, Pembelajaran, Anak Usia Dini

Abstract

Guru PAUD sebagai pengembang kurikulum memiliki andil yang sangat strategis dalam menentukan tema. Penentuan tema dalam pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik anak dan sesuai dengan kondisi sekolah.Guru dituntut kreatif mengembangkan tema agar pembelajaran sesuai dengan kondisi nyata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tema juga sebaiknya dikembangkan oleh masing- masing sekolah agar sesuai dengan karateristik sekolah yang bersangkutan. Penentuan tema tidak sekadar ditentukan
begitu saja, tetapi perlu memperhatikan beberapa prinsip agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam yaitu kedekatan, kesederhanaan, kemenarikan dan keinsidentalan. Begitu juga dengan keluasan tema bergantung pada kemampuan guru dalam menguasai tema tersebut. Hal penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan tema adalah kebermaknaan tema dalam membangun pengalaman belajar yang bermutu bagi anak usia dini. Oleh karena itu dalam menentukan tema menjadi penting bila diawali dengan identifikasi tema dan sekaligus ketertarikan anak terhadap topik tertentu. Di sinilah peran guru sebagai pengembang kurikulum sangat dibutuhkan. Guru bukan lagi sebagai pelaksana kurikulum tetapi guru adalah desainer kurikulum karena kurikulum sesungguhnya adalah guru.

 

Published
2019-01-01