PENGOLAHAN HASIL PENILAIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Petrus Redy Partus Jaya STKIP Santu Paulus Ruteng

Abstrak

Penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Seorang guru akan mengetahui gambaran perkembangan anak didik berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil penilaian. Demikian pun anak didik akan mengetahui tingkat perkembangannya berdasarkan hasil penilaian. Informasi hasil penilaian dapat menjadi pemandu bagi guru dan anak didik dalam mengambil tindakan terkait perencanaan dan proses pembelajaran. Dalam konteks ini, penilaian disebut sebagai pemandu pembelajaran. Namun, bagaimana jadinya bila guru tidak mampu mengolah hasil penilaian. Proses pembelajaran akan berjalan tanpa arah.Guru tidak akan mengetahui kebutuhan dan perkembangan anak didik. Sebaliknya, anak didik tidak mengetahui arah pembelajaran yang diikutinya. Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini berbeda dengan model penilaian pada jenjang pendidikan lainnya. Penilaian di PAUD lebih banyak menggunakan deskripsi status perkembangan anak. Hal ini kadang menyulitkan guru melakukan kompilasi dan mengolah data hasil penilaian dari berbagai instrument dan periode penilaian. Tidak jarang guru membuat penyimpulan terkait capaian perkembangan anak berdasarkan induksi yang cacat. Kesimpulan ditarik dari potongan fakta yang tidak lengkap. Tulisan ini dibuat sebagai tawaran solusi terhadap masalah tersebut. Tulisaninibertujuan
agar guru atau calon guru memiliki gambaran tentang bagaimana mengolah data hasil penilaian anak didik di tingkat satuan PAUD.

 

Diterbitkan
2019-01-01