Publication Ethics

Publication Ethics

Publication Ethics

Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD) memiliki kode etik yang wajib dipatuhi pengelola dan penulis. Kode etik harus dipatuhi pengelola dan penulis yang akan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam media publikasi JIPD. Setiap pengelola dan penulis wajib mengutamakan, moral, integritas ilmiah, dan kejujuran penulis dalam setiap tulisannya.

Pengelola dan para penulis wajib menjunjung tinggi  tiga nilai keutamaan dalam publikasi, yaitu 1) netralitas artinya bebas dari konflik kepentingan tertentu, 2) keadilan artinya memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang, dan 3) kejujuran artinya bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi dan plagiarisme dalam publikasi. Beberapa tugas dan tanggung jawab pengelola serta penulis JLPD adalah sebagai berikut:

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor dan reviewer
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor dan reviewer.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun reviewer.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, reviewer, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan reviewer.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

Perlakuan adil dan independensi editorial

Editor mengevaluasi manuskrip yang diserahkan secara eksklusif berdasarkan kesesuaian akademis (kepentingan, orisinalitas, validitas studi, kejelasan) dan relevansinya dengan cakupan jurnal, tanpa memperhatikan ras penulis, gender, orientasi seksual, asal etnis, kewarganegaraan, kepercayaan agama, filosofi politik atau afiliasi institusional.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak akan mengungkapkan informasi apapun tentang manuskrip yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, reviewer dan penerbit yang sesuai.

Pengungkapan dan benturan kepentingan

Anggota editor dan editorial tidak akan menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diajukan untuk tujuan penelitian mereka tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh oleh editor karena penanganan manuskrip akan dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi mereka.

Keputusan publikasi

Para editor memastikan bahwa semua naskah yang diajukan dipertimbangkan untuk diterbitkan.Tim editor bertanggung jawab untuk memutuskan manuskrip mana yang diserahkan ke jurnal akan dipublikasikan, berdasarkan validasi karya yang bersangkutan, kepentingan bagi peneliti dan pembaca, komentar reviewer, dan persyaratan legal seperti yang saat ini berlaku terkait dengan fitnah, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.

 

Tanggung jawab seorang reviewer

  1. Reviewer memberikan penilaian yang jujur dan kritis terhadap sebuah penelitian.
  2. Reviewer menjaga kerahasiaan tentang keberadaan dan substansi naskah.
  3. Reviewer tidak terlibat dalam plagiarisme.
  4. Reviewer menghindari adanya konflik kepentingan.
  5. Reviewer hanya menerima naskah pada bidang keahliannya. Pengecualian untuk aturan umum ini adalah ketika editor khusus meminta pandangan Anda sebagai "orang awam" atau mencari pendapat Anda pada aspek khusus dari naskah (misalnya, statistik).
  6. Reviewer mampu menyelesaikan review tepat waktu. Jika ada hal-hal yang menghalangi review sehingga terjadi keterlambatan, reviewer harus segera menghubungi editor.
  7. Reviewer memiliki tanggung jawab yang tidak menyenangkan berupa pelaporan kecurigaan duplikat publikasi, penipuan, plagiat, atau masalah etika tentang penggunaan hewan atau manusia dalam naskah penelitian yang di-review.
  8. Reviewer menuliskan review-nya secara konstruktif dan kolegial.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

  1. Penulis menjunjung tinggi perilaku ilmiah,  memahami manfaat / keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
  2. Artikel yang dipublikasikan bebas dari perilaku tidak ilmiah yang  meliputi: tindakan rekaan (fabrikasi), pemalsuan data (falsifikasi), dan tindakan plagiarism / autoplagiarism. 
  3. Penulis wajib mencantumkan sitasi yang memadai pada semua statement, ide, data, yang bukan hasil penelitiannya.
  4. Artikel yang dipublikasikan tidak menimbulkan benturan dengan pihak-pihak tertentu atau berpotensi meresahkan masyarakat.
  5. Para penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompetens dan mempunyai kontribusi berarti dalam penulisan artikel tersebut.
  6. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan (serentak) 
  7. Bagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain. 
  8. Artikel yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis, yang dijamin Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme yang ditulis di atas meterai oleh Penulis.