IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR

  • Laurentius Ni Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Gonsiliana Melan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Yohanes Wendelinus Dasor Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: Character Education, Civics

Abstract

This study aims to explain the implementation of character education in Civics learning in elementary schools. The data collection method used is a literature study which certainly supports the research variables. The results of the study show that character education in Pancasila and civic education learning (PPKn) in elementary schools is highly applied to design character values through quality learning from planning, implementation to evaluation. The results of this study indicate that the learning process for character education is a series of learning activities both taking place in the classroom and outside the classroom that try to make students not only master the competencies (materials), but also recognize, realize/care, and internalize character values. to shape behavior. The implementation of character education in Civics learning in elementary schools goes through three stages, namely planning, implementation, and evaluation. Character education in Civics learning in elementary schools is one of the subjects that is rich in character values, therefore teachers must be able to improve their ability to manage learning effectively because Civics subjects have the potential to shape students' character which has recently been echoed.

References

Akhwan, “Konsep dan implementasi pendidikan karater dalam pembelajaran di sekolah”, jurnal El. Tarbawi. 7 (1), 2014.
Albertus, 2010. Pendidikan Karakter strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Dalyono dan Lestariningsih, “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah”, Jurnal bangun rekaprima, 3 (2), Oktober 2017
Haris, “Implementasi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan perilaku siswa berwarga negara yang baik di SD Juara Kelurahan Baciro Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016”, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8 (2), Juli 2017.
Hartati, “Implementasi pendidikan karater disiplin di SD negeri 7 tanjung raja” 2 (2) , Desember 2017.
Jail, “Karakter Pendidikan Untuk Membentuk Pendidikan Karakter” jurnal pendidikan islam, 6 (2), 2012
Julaiba, “Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran”, Jurnal dinamika ilmu, 14 (2), Desember 2014.
Julaiba, “Implemntasi pendidikan karater dalam pembelajaran”, Jurnal Dinamika Ilmu, 14 (2), Desember 2014.
Karimah, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diMadrasah Salafiyah Ibtidaiyah”, jurnal Ijcets, 3 (1) 2015
Malaka, Sanusi, Ruslan, dan Mamimun, “Internalisasi nilai-nilai pancaila dalam proses pendidikan dan kewarganegaran di sekolah “, jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undikshan, 8 (1), Februari 2020.
Malaka, Sanusi, Ruslan, dan Mamimun, “Internalisasi nilai-nilai pancaila dalam proses pendidikan dan kewarganegaran di sekolah”, jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undikshan, 8 (1), Februari 2020.
Mamelio, Idris dan Dedy, “Implementasi pendidikan karater dalam pembelajaran pendidikan kewarga-negaraan pada peserta didik SDN 1 ujung tanjung”, Jurnal Wahana Didaktika, 19 (1), Januari 2021.
Maryono, Budiono, Okha, “Implementasi pendidikan karater mandiri di sekolah dasar”, jurnal Gentala pendidikan dasar, 3 (1), Juni 2018.
Mediatati, “Implementasi pendidikan karater di SD negeri sidomulyo 04 kecamatan ungaran timur kabupaten semarang”, Jurnal satya widya, 30 (2), Desember 2014.
Minawati, Suryana dan Elan, “Penanaman n ilai-nilai sila pancasila melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk membangun karater siswa sekolah dasar”, Jurnal ilmiah pendidikan sekolah dasar, 6 (1) 2019.
Muhajir, 2011. Pendidikan Karakter Pengalaman ImplementasiPendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Aura Pustaka.
Nadziroh, Pratomo dan Chairiyah, “Implementasi ajaran trilogi kepemimpinan melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sd negeri 01 tawangmangu karanganyar”, Jurnal ilmiah profesi guru, 1 (1), Maret 2020
Nihayah dan Gunansyah, “Implementasi pendidikan karater di SDN 1 cerme kidul cermes gresik”, Jurnal JPGSD, 5 (3), 2017.
Nitten dan Bulu, “Pemetaan implementasi pendidikan karater di sekolah dasar se-kota kupang”, Jurnal kependidikan, 6(1), Maret 2020.
Parhan dan Sukaenah, “Pendekatan kontekstual dalam meningkatan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di sekolah dasar”, jurnal pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 5 (2), 2020
Rianto, “Peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan membangun generasi cerdas dan berkarakter”, Jurnal pendidikan sosial, 2 (1), Juni 2015.
Rindawan dan Asih, “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Australian Independent School Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung”, Jurnal seminar nasional hukum dan kewarganegaraan Singaraja, 5 Oktober 2019
Rozaq, “Penglolaan proses pembelajaran pendidikan karater disekolah dasar”, Jurnal, dalam http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jkpt, 3 (1), 2015
Samini dan Hariyanto, 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulistyowati, 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan karakter, Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Suharjono, 2019. Panduan penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Zed, Mestika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: “Yayasan Pustaka Obor Indonesia”.
Published
2021-09-30
How to Cite
Laurentius Ni, Gonsiliana Melan, & Yohanes Wendelinus Dasor. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 2(2), 57-66. Retrieved from https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/1008