METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU

  • Bonifasia Ayulianti Tat Unika Santu Paulus Ruteng
  • Robertus Hudin unika santu paulus
  • Mikael Nardi unika santu paulus
Keywords: Learning Methods, Social Interaction, Deaf Children

Abstract

The purpose of this paper is to be describe learning methods that can develop the social interaction of children with hearing impairment. The method used was library research, where the authors analyzed the theories and research results from scientific journals, theses and dissertations related to this subject. The results showed that learning methods that can develop deaf children's social interactions are; 1) oral method. This method is very suitable to be applied to deaf children at the level of slight losses (20-30 Deci-Bell), mild losses (30-40 dB) and moderate losses (40-60 dB); 2) method of reading speech. This method is good for use at all levels of hearing loss; 3) manual method. This method is useful if it was focused on deaf children at the server level (60-75 dB) and deep losses (75 dB and above); 4) total communication method. This method can be implemented for all levels of hearing loss.

References

Andriani, Vivik. 2016. Strategi Pembinaan Anak Tunarungu dalam Pengembangan Interaksi Sosial. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin
Aryadi, Shuma. 2017. Penggunaan Komunikasi Total dalam Pembe-lajaran Bahasa Indonesia untuk anak Tunarungu kelas IV di SLB Negeri I Gunungkidul. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta
Efendi, Mohamad.2009.Pengantar Psiko-pedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara
Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Luxima Metro Media: Jakarta Timur
Hamiyah, Nur dan Jauhar, Muhamad. 2016. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Pustakaraya: Jakarta
Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Deepublish: Sleman
Lelyana, Margareta Langen Sekar. 2017. Interaksi Sosial Anak-Anak Tunarungu dan Anak Tunarungu dan Anak Dengar. Skripsi: Universitas Sanata Darma Yogyakarta
Nugroho, Harizki Agung. 2016. Kemampuan Berinteraksi Sosial Menggunakan Bahasa Isyarat Anak Tunarungu di kelas III SLB Wiyata Dharma I Tempel Sleman. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta
Nurdina, Alvi. 2015. Studi Kasus Tentang Kemampuan Membaca Ujaran Anak Tunarungu di SLB-B Dena Upakara Wonosobo. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta
Putri, Ayu Wardani. 2018. Pengaruh Bahasa Isyarat Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Tunarungu. Skripsi: Universitas Medan Area
Putri, Ginadhia Aliya. 2019. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Tunarungu dengan Metode Pembelajaran Speechreading di TKLB B Yakut Purwokerto. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Rahmah, Miska. 2109. Penerapan Metode Oral Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu di SMALBS B YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Banda Aceh. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam-Banda Aceh
Ramadhani, Rizkia Nurakbari. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Maternal Reflektif (MMR) pada Anak Tunarungu Kelas Dasar IV di SLB Negeri 2 Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Rahmawati, Diah. Paduan Bahasa Isyarat untuk Pendampingan Penyandang Tuli. Albasil Aksara: Tangerang
Rusyani, Endang. 2019. Sistem Komunikasi Anak Tunarungu. Universitas Pendidikan Bandung
Sadja’ah, Edja. 2013. Bina Bicara, Persepsi, Bunyi dan Irama. Bandung: Refika Aditama
Setiyoso, Hanung. 2009. Pengajaran Bina Wicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan di Bidang Bahasa Indonesia bagia Anak Tunarungu Wicara kelas D5 SLB ABCD YSD Polokarto. Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
Sulastri. 2013. Meningkatkan Kemampuan komunikasi melalui Metode Komunikasi Total bagi Anak Tunarungu kelas II di SLB Kartini Batam.
Wicaksono, Gigih. 2012. Hubungan Penguasaan Bahasa (Oral dan Isyarat) terhadap kemampuan pembaca pemula siswa kelas I Sekolah Dasar SLB N Kota Magelang. Skripsi: Universitas Sebelah Maret Surakarta
Winarsih, Murni. 2010. Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Jurnal: SLB Tunarungu X Jakarta
Yuliansyah. 2018. Penggunaan Metode Abjad Jari dan Bahasa Tubuh serta Media Pembelajaran dalam Pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB Negeri Musi Rawas. Jurnal: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Published
2021-08-06
How to Cite
Tat, B. A., Robertus Hudin, & Mikael Nardi. (2021). METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 2(1), 21-32. Retrieved from https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/869