KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROGRAM SEKOLAH DI TK KEMALA BHAYANGKARI

  • Maria Yulistika Nensi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Adriani Tamo Ina Talu Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Maria Rahayu Anwar Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: keterlibatan orang tua, program sekolah

Abstract

Program sekolah adalah suatu rangkaian kegiatan yang disusun untuk menjalankan sebuah visi serta misi dalam proses perubahan sikap dan perilaku
anak didik serta demi mencapai tujuan sekolah. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak sangat diperlukan khususnya bagi pihak sekolah, dikarenakan sekolah tidak dapat berdiri sendiri, karena sekolah dan orang tua merupakan satu kesatuan dalam proses pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam program sekolah di TK Kemala Bhayangkari Ruteng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru, dan 5 orang tua di TK Kemala Bhayangkari. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada beberapa program sekolah yang diterapkan di TK Kemala Bhayangkari seperti kegiatan pertemuan orang tua murid, kegiatan parenting/kelas orang tua, kegiatan lomba kreativitas anak antar kelas dalam rangka HARDIKNAS, kunjungan ke tempat ibadah, kunjungan ke panti asuhan, kegiatan senam bersama orang tua, kegiatan perlombaan antar kelas dalam rangka memperingati HUT Yayasan Bhayangkari, mengadakan acara HUT Yayasan Kemala Bhayangkari, kegiatan pemberian makanan tambahan untuk anak, kegiatan pengukuran berat badan dan tinggi badan anak, kegiatan pembiasaan (berdoa), kegiatan
pengembangan minat dan bakat anak, imunisasi, dan pemberian vitamin A. Pihak sekolah mampu melibatkan orang tua dalam program sekolah melalui berbagai tipe seperti: tipe pendidikan orang tua, tipe komunikasi, tipe sukarelawan, tipe pembelajaran di rumah, tipe pengambil keputusan, dan tipe berkolaborasi dengan masyarakat. Tipe yang lebih banyak diterapkan adalah tipe sukarelawan. Tipe sukarelawan adalah memperbaiki kegiatan dan jadwal dengan melibatkan keluarga sebagai sukarelawan dan pendengar di sekolah untuk mendukung anak dan program sekolah. Upaya pihak sekolah dalam melibatkan orang tua dalam program sekolah adalah dengan menjalin kerja sama dalam komite sekolah. Adapun faktor pendukungnya ialah kesadaran dari pihak orang tua dan sekolah akan pentingnya keterlibatan mereka dalam pendidikan anak serta program sekolah sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu dan dana.

Published
2023-09-27