Fenomenologi Feminisme dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasary

  • Eduardus Yovantus Abut Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Santu Paulus Ruteng
Keywords: fenomenologi, feminisme, pasung jiwa, pendidikan karakter, dan kreativitas

Abstract

Sebagai filsafat, fenomenologi menurut Husserl memberi pengetahuan yang perlu dan esensial mengenai apa yang ada. Pasung Jiwa juga merupakan sebuah karya sastra yang menggambarkan fenomena-fenomena kehidupan manusia. Dua tokoh utama, yakni Sasa dan Jaka Wani dalam novel ini berdialog dan berhadapan dengan realitas kehidupan itu sendiri. Penelitian ini berusaha mengkaji bagaimana dialog dan realitas sosial kedua tokoh utama dalam novel Pasung Jiwa yang menggambarkan fenomena feminisme dan nilai pendidikan karakter. Melalui kajian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini menemukan bahwa dialog dan realitas yang dihadapi kedua tokoh utama menampakkan diri kepada kesadaran kedua tokoh utama akan dimensi-dimensi feminisme yang ada. Selain itu, kajian fenomenologi feminisme tokoh dalam novel Pasung Jiwa memberi nilai-nilai pendidikan karakter seperti nilai tanggung jawab, rela berkorban, religius, kejujuran, keadlian, dan setia kawan. Selanjutnya, kajian fenomenologi ini dan pendidikan karakter yang diperoleh dari fenomena feminisme dapat menjadi sebuah pendidikan kreativitas siswa di SMA dalam melahirkan dan memaknai karya sastra.

References

Abidin, Djamalul. (2012). Sastra Indonesia Modern. Jakarta: Direktorat Radio Departemen Penerarngan.

Djajanegara, Soenarjati. (1995). Citra Wanita dalam Lima Novel Terbaik Sinclair Lewis dan Gerakan Wanita di Amerika. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Darmaodiharjo, Darji & Shidarta. (2006). Apa dan Bagaimana Filsafat Hukum di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Madah University Press.

Rapar, Jan Hendrik. (2012). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Sugihastuti & Sugiharto. (2015). Kritik Sastra Feminisme: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno. (2014). Kajian Novel dalam Spektoskrop Feminisme dan Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Smith, Jonathan A., Flowers, Paul., & Larkin, Michael. (2009). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington: Sage.

Waluyo, Herman J. (2011). Pengakajian Prosa Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Published
2018-07-31
How to Cite
Abut, E. Y. (2018). Fenomenologi Feminisme dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasary. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(1), 10-15. https://doi.org/10.36928/jpro.v1i1.469
Section
Articles