Kritik Sosial dan Nilai-nilai Pendidikan Novel Lembata Karya F. Rahardi

  • Bernardus Tube Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Santu Paulus Ruteng
Keywords: kritik sosial, novel lembata, nilai-nilai pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kritik social dan nilai-nilai pendidikan dalam novel Lembata. Sumber data adalah novel Lembata karya F. Rahardi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan content analysis. Hasil kajian menunjukkan bahwa novel Lembata tergolong novel kritik sosial karena di dalamnya ditampilkan pesan-pesan kritik sosial, seperti masalah politik, kemiskinan, hirarki gereja, dan persoalan feminisme. Selain itu, novel Lembata mengandung nilai-nilai pendidikan yang berguna bagi kehidupan manusia, seperti nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral dan kesusilaan, nilai pendidikan sosial budaya, dan nilai pendidikan kepahlawanan.

References

Bagus, Lorens. (1996). Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia.

Basuki Ks, Sunaryono. (2009). Dari Wisata Bahasa Hingga Sastra Selangkangan. Denpasar: Pustaka Larasan.

Budi Kleden, Paul. (2009). “Menggugat Roti dan Anggur” dalam Kompas, Minggu, 19 Juli.

Depdikbud. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djajanegara, Soenarjati. (2010). Bahasa, Sastra, dan Wanita. Jakarta: Penaku.

Dwi Fajarsari. (2010). “Kritik Sosial dalam Novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan Karya Pramoedya Ananta Toer”. Skripsi. Semarang: Univerisitas Diponegoro. Diakses dari eprints.undip.ac.id. Tanggal 5 Mei 2012.

F. Rahardi. (2009). Lembata: Sebuah Novel. Yogyakarta: Lamalera.

Faruk. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jabrohim (ed). (2012). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jurnal Nasional, Kamis, 22 November 2009.

Luxemburg, Jan Van, dkk. (1984). Pengantar Ilmu Sastra (Terj.). Jakarta: Gramedia.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Orong, Yohanes. (2012). “Unsur Dekonstruksi dan Nilai Pendidikan Novel Lembata Karya F. Rahardi”. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Ratna, Nyoman Kutha. (2003). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saini K.M. (1986). Protes Sosial dalam Sastra. Bandung: Angkasa.

Sangidu. (2004). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Soekanto, Soerjono. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sudjiman, Panuti. (1990). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Sumardjo, Jakob. (1999). Konteks Sosial Novel Indonesia 1920-1977. Bandung: Alumni.

Sutrisno, Mudji. (1997). Sari-sari Pencerahan. Yogyakarta: Kanisius.

Waluyo, Herman J. (1990). Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret Press.

Published
2018-07-31
How to Cite
Tube, B. (2018). Kritik Sosial dan Nilai-nilai Pendidikan Novel Lembata Karya F. Rahardi. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(1), 51-63. https://doi.org/10.36928/jpro.v1i1.473
Section
Articles