Online Shop: Ruang Sosialisasi Diri dan Eksploitasi Konsumtif Masyarakat Milenial

  • Yuvantinus Effrem Warung Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Santu Paulus Ruteng
Keywords: media, online shop, sosialisasi, konsumtif

Abstract

Kemudahan untuk diakses dan keglamoran produk-produk industri milenial, membuat media online shop dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat. Kehadirannya membantu seseorang untuk bersosialisasi di tengah masyarakat tanpa harus mengganggu orang lain, baik secara fisik dan mental, maupun tanpa mempertimbangkan jarak, waktu, dan tenaga. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan studi pustaka, kemudian dianalisis. Hadirnya online shop mendorong seseorang untuk mengkonstruksikan kembali dirinya atas dasar peneguhan eksistensi, pencitraan, serta pemaknaan terhadap identitas diri. Namun, disisi lain, kehadirannya mempengaruhi seseorang agar memunculkan sifat konsumtif yang mendorongnya untuk terus berbelanja dan menjadikan dirinya ‘ada’ di tengah ruang masyarakat.

References

Baudrillad, Jean. (2004). Masyarakat Konsumtif. Jogyakarta: Kerasi Wacana.

Budi F. Hardiman. (2009). Menuju Masyarakat Komunikatif: Ilmu, Masyarakat, politik, dan Postmodernisme Menurut Jurgen Habermas. Jogyakarta: Kanisius.

Budi F. Hardiman. (2010). Ruang Publik: Melacak Partisipasi Demokratis dari Polis sampai Cyberspace. Jogyakarta: Kanisius.

Croteau, David & Hoynes, William. (2000). Media Society: Indrustries, Images, and Audience: A Reader. Thousand Oaks: Pinefoge Press.

Dennis Mcquail & Steven Windahl. (1996). Communication Models for the Study of Mass Communication 2nd. Singapore: Longman.

Jeff F. Angel. (1968). Consumer Behavior. The Dryden Press: Rinehart and Winston Inc.

Jones,dkk. (2009). Motivation, Impression Management, and Self Disclosure in Social Network Sites.

Joseph A. Devito. (2001). The Interpersonal Communication Book. Addison Wesley Longman Inc.

Moleong, Lexy J. (2007).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morley, D. (1992). Television, Audiences, and Culture Studies. London: Routledge.

Mulyana, Deddy., Jalaluddin, Rakhmat. (1990). Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Porter, R and Samovar, L. (1994). An Introduction to Intercultural Communication. Belmot,CA: Wadsworth.

Park, Namkee, Jin Borae, and Jin Seung. (2009). Motivation, Impression Management, and Self Disclousure in Social Network Sites.

Richard Collins. (1986). Media, Culture and Society: A Critical Reader. Great Britain: Sage Publication.

Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Stanley, J. Baran & Dennis K. Davis. (2000). Mass Communication Theory. Foundation Ferment USA: Wadsworth Publishing Company.

Tapscott, Don. (2009). Grown Up Digital: How The Net Generation is Changing Your World. Mcgraw-Hill.

Published
2018-07-31
How to Cite
Warung, Y. E. (2018). Online Shop: Ruang Sosialisasi Diri dan Eksploitasi Konsumtif Masyarakat Milenial. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(1), 71-76. https://doi.org/10.36928/jpro.v1i1.475
Section
Articles