Gerakan Meneliti: Suatu Upaya Membangun Kesadaran Praktik Meneliti Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng

  • Marianus Supar Jelahut Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Santu Paulus Ruteng
Keywords: gerakan, penelitian

Abstract

Kemampuan meneliti merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai mahasiswa/i Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng. Penguasaan terhadap penelitian merupakan suatu hal yang sangat urgen dan fundamental untuk menghasilkan karya atau tulisan ilmiah yang berbasis riset. Metodologi dalam tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan dokumentasi. Tulisan sederhana ini mau menyadarkan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Santu Paulus Rutenguntuk memahami penelitian, manfaat dan urgensinya bagi kehidupan akademis mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Indonesia. Gerakan meneliti merupakan salah satu solusiyang ditawarkan untuk menjadikan penelitian sebagai kebutuhan mendasar bagi mahasiswa/iProdi Pendidikan Bahasa Indonesia. Selain itu, solusi konkret dari gerakan meneliti ialah dengan membentuk komunitas penelitian Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

References

Azwar, Saifuddin. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borang Akreditasi (III A) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng Standar 3 tahun 2016tentang Kemahasiswaan.

Hendrawan, Rosyihan. (2016). Gerakan Literasi bangsa untuk Membentuk Budaya Literasi http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/berita/1891/Gerakan%20Literasi%-

Bangsa%20untuk%20Membentuk%20Budaya%20Literasi diunduh pada tanggal 30 April 2012.

John W. Creswell. (2015). Riset Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif, (Terj, Helly Prajitno, Sri Mulyanti Soetjipto), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Elektronik.

Slamet. Ahmad. (2015). Mewujudkan Mutu Riset dan Perilaku Berkarakter untuk Membangun Rumah Ilmuhttp://unnes.ac.id/berita/indonesia-perlu-gerakan-peneliti) diunduh pada tanggal 30 April 2017.

Syamsuddin dan Damaianti Vismaia S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Yusuf, Muri. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Published
2018-07-31
How to Cite
Jelahut, M. S. (2018). Gerakan Meneliti: Suatu Upaya Membangun Kesadaran Praktik Meneliti Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(1), 90-98. https://doi.org/10.36928/jpro.v1i1.477
Section
Articles