Kesalahan Kohesi dan Koherensi dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas IX SMPN 11 Ruteng
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kohesi dan koherensi teks eksplanasi yang ditulis siswa kelas IX SMPN 11 Ruteng. Kohesi merupakan kepaduan bentuk bahasa yang menandai sebuah teks padu dan komunikatif karena setiap unsur di dalamnya saling berhubungan. Sementara itu, koherensi merupakan kepaduan makna bahasa dalam kalimat dan paragraf sehingga kalimat dan paragraf memiliki hubungan timbal balik secara logis. Penelitian ini tergolong jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data deskriptif penelitian ini berupa kalimat dan paragraf dalam teks eksplanasi siswa kelas IX SMPN 11 Ruteng yang terindikasi ada kesalahan kohesi dan koherensi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah baca dan catat. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara siswa diminta menulis teks eksplanasi. Proses analisis data diawali dengan cara peneliti membaca dan mencatat data ke dalam kartu data. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah kesalahan sebanyak 45. Pertama, kesalahan kohesi berjumlah 18, meliputi 7 kesalahan kohesi penggantian, 5 kesalahan kohesi penunjukan, 4 kesalahan kohesi perangkaian, 1 kesalahan kohesi pengulangan, dan 1 kesalahan sinonim. Kedua, kesalahan koherensi berjumlah 27, meliputi 15 kesalahan pertalian perurutan, 5 kesalahan pertalian waktu, 4 kesalahan pertalian sebab-akibat, 1 kesalahan pertalian perlawanan, dan 1 kesalahan pertalian kegunaan.
References
Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.
Keraf, G. (1982). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Djajasudarma, F. (2010). Wacana-Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama.
Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.
Khairah, M & Ridwan, S. (2014). Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip- prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Inonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Putrayasa, I. B. (2009). Jenis Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Ramlan, M. (1993). Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offest.
Suhardi. (2013). Dasar-dasar Ilmu Sintaksis Bahasa Indonesia. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Yunus, M. eds. (2013). Keterampilan Menulis. Tangerang: Univeristas Terbuka.