Penerapan Transformasi Lagu “Wuat Wa’i” Karya Armin Sunarto Sebatu untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII A SMPN 2 Ruteng-Beokina

  • Petrus Sii Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Engelius Geong Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: keterampilan menulis, teks cerpen, penerapan transformasi lagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa menggunakan teknik penerapan transformasi lagu pada siswa kelas VII A SMPN 2 Ruteng-Beokina.  Jenis penelitian ini tergoling ke penelitian tindakan kelas (PTK). Ada beberapa komponen dalam PTK yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN 2 Ruteng-Beokina dan guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tulisan cerita pendek siswa dan lembar observasi, sedangkan teknik nontes berupa lembar wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan transformasi lagu pada pembelajaran menulis cerita pendek siswa dengan teknik penerapan transformasi lagu mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai persentasi hasil tes dan hasil observasi pada setiap siklus. Hasil tes siklus I diperoleh persentasi 35,71% dan untuk hasil persentasi observasi 65,8%. Berdasarkan hasil persentasi tersebut peneliti melakukan perbaikan pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II diperoleh nilai tes dengan persentasi 96,42% dan nilai observasi dengan persentasi 87,8%. Penggunaan teknik penerapan transformasi lagu dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas VII A SMPN 2 Ruteng-Beokina.

 

References

Depniknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia pusat Bahasa. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka.

Hamlik (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Akasara.

Mastini, Sarwiji S. & Sumarwati. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2indo.

Mujiati, Nok. (2017). Peningkatan Kemampuan menulis Cerita Pendek Melalui Model Dewa Suka Cerpen di SMPN 13 Magelang. Jurnal penelitian dan pendidikan 9(2), http://jurnal.ummgl.ac.id/nju/index.php/edukasi.

Nurhadi, (2017). Handbook of Writing. Jakarta. Bumi Akasara.

Nurgiyantoro, Burham. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada.

Oktaviana N., Edy S. & Yant M. (2013). Penerapan Transformasi Lagu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1), ISSN 12302-6405.

Subyantoro. (2011). Pengembangan keterampilan membaca cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suparno dan Muhamad Y. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: universitas terbuka.

Suharianto. (2005). Dasar-Dasar Teori sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Staton, Robert. (2007). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. CV. Angkasa.

Triwibowo, Yuwono. (2005). Biologi Molekuler. Yogyakarta: Erlangga .

Trinto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Jakarta.

Wahyuningtyas S. & Santoso, W. H. (2011). Sastra teori dan Implementasi. Surakarta: Yuna Pustak.

Wiyanto dan Asul. (2005). Kesusastraan. Jakarta: Gremedia.

Yuwono, A. (2005). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan Pada Siswa SMP. Jurnal penelitian kependidikan, Nomor 3 Desember: 213-233.

Published
2019-07-31
How to Cite
Sii, P., & Geong, E. (2019). Penerapan Transformasi Lagu “Wuat Wa’i” Karya Armin Sunarto Sebatu untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII A SMPN 2 Ruteng-Beokina. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(1), 31-39. https://doi.org/10.36928/jpro.v2i1.543
Section
Articles