Pengaruh Kehadiran Media Terhadap Eksistensi Perpustakaan Sekolah di Kecamatan Langke Rembong dan Dampaknya bagi Perkembangan Literasi Siswa

  • Yuvantinus Effrem Warung Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Yasinta Lastika Wanul Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Florentina Cahyani Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Viktoria Yantrika Rayun Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Patrianus Desion Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: perpustakaan sekolah, literasi media, eksistensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kehadiran media terhadap eksistensi perpustakaan sekolah di Kecamatan Langke Rembong dan dampaknya bagi perkembangan   literasi siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei dan penyebaran angket. Sumber data didapat dari 350 sampel (siswa) yang berasal dari populasi yang telah ditentukan. Penentuan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Dari masing-masing sekolah yang telah ditentukan, setiap siswa yang menjadi sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan ialah skala likert.  Teknik analisis data penelitian ini ialah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini dideskripsikan sebagaimana berikut. Pertama, eksistensi perpustakaan sekolah di Kecamatan Langke Rembong terbilang kurang bagus. Hal ini dapat dilihat dari animo pengunjung (siswa) yang relatif kurang stabil. Kedua, ketersediaan bahan bacaan yang minim di perpustakaan menyebabkan sebagian siswa menggunakan internet sebagai sumber referensi untuk tugas-tugas mereka. Ketiga, kehadiran media (internet) dalam diri siswa menyebabkan mereka tidak lagi menggunakan perpustakaan sebagai sarana atau tempat belajar. Para siswa lebih banyak mengerjakan tugas mereka di rumah. Keempat, penataan lingkungan perpustakaan yang kurang baik juga menyebabkan menurunnya minat siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar. Kelima, kuatnya pengaruh media terhadap pengembangan diri siswa menyebabkan tingkat literasi baca dan tulis mereka menjadi menurun. 

References

Bambang P. & dan Lina M. J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Basuki, S. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Damono. (2001). Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, M.& dan Effendi, S. (2001). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Suharsimin, A. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-07-31
How to Cite
Warung, Y. E., Wanul, Y. L., Cahyani, F., Rayun, V. Y., & Desion, P. (2019). Pengaruh Kehadiran Media Terhadap Eksistensi Perpustakaan Sekolah di Kecamatan Langke Rembong dan Dampaknya bagi Perkembangan Literasi Siswa . PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(1), 12-20. https://doi.org/10.36928/jpro.v2i1.546
Section
Articles