Makna Konotatif dalam Lirik Lagu Grup Musik Ecko Show

  • Ans Prawati Yuliantari Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Ermelinda Abur Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: makna konotatif, lirik lagu, pendekatan sosiologis

Abstract

Lagu-lagu Ecko Show menggambarkan berbagai persoalan sosial akibat perkembangan zaman. Lagu-lagu itu menunjukkan pergaulan anak muda yang mengarah pada hal-hal negative dengan penggunaan media sosial yang tidak bertanggungjawab serta pergaulan bebas yang menyebabkan konflik seperti bunuh diri, seks bebas, hamil di luar nikah, dan saling membuli. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis makna konotasi yang terkandung dalam lirik lagu grup musik Ecko Show dan menghubungkan kesesuaian antara isi lirik lagu dengan realita atau persoalan-persoalan di Manggarai. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dipilih dalam penelitian ini untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam sesuai data dan kondisi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu grup musik Ecko Show mengandung kalimat-kalimat konotatif yang dibuktikan dengan banyaknya penggunaan kata, frasa, dan juga kalimat yang mengandung makna itu. Secara keseluruhan terdapat 55 baris kata dan frasa (9, 16%) yang mengandung makna konotatif. Dari jumlah itu, 21 kata atau frasa (38, 18%) mengandung makna konotatif positif, 34 kata atau frasa (61, 81%) mengandung makna konotatif negatif. Melalui pendekatan sosiologis dapat dilihat juga bahwa terdapat relevansi antara lirik lagu-lagu itu dengan realita sosial dalam masyarakat Manggarai

References

Ade, S. (2015). Pengertian Lagu. (Online), (http://www. Landasanteori.Com, Diakses pada Tanggal 27 Februari, 2018).

Ahmad, C. S. (2012). Kontradiksi Sosial Pada Lagu-lagu Karya Iwan Fals Dengan Tinjauan Sosiologi Sastra. (Online), (emprints.ums.ac.id/19485/, Diakses pada Tanggal 18 April, 2018).

Aminudin. (2011). Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Amanda, F. (2011). Pengertian Lirik Lagu. (online), (amandafanisa.blogspot.com/2011/11/, Diakses pada Tanggal 11 Juli 2018).

Anwar & Adang. (2013). Sosiologi untuk Universitas. Bandung: PT Refika Aditama.

Ashato, Mc. (2017). Buku Lirik. (Online), (https://www.bukulirik.web.id/2017/12/, Diakses pada Tanggal 9 Maret 2018).

Boby, W. (2017). Lirik Lagu Selebgram – RMA FT. Ecko Show. (Online). (http://style.tribunnews.com/2017/10/23/, Diakses pada Tanggal 9 Maret 2018).

Daemo. (2012). Pengertian Lirik Lagu. (online),aemo.blogspot.com/2012/01/, Diakses pada Tanggal 11 Juli 2018).

Deri, R. (2013). Pengertian Musik Rapper. (Online), http://sosialmusictwo.blogspot.co.id, Diakses pada Tanggal 27 Februari, 2018). Disclaimer. 2017. Buku Lirik. (Online), (www.bukulirik.web.id, diakses pada tanggal 9 Maret 2018).

Frits, G. (2016). Biografi Terbaru dan Terlengkap Ecko Show. (Online), (https://fritsgazzebo.blogspot.com/2016/06/, Diakses pada Tanggal 27 Februari, 2018).

Goris, K. (1986). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia.

Hartono, J. (2015). Jenis Lagu Nusantara (Lagu Daerah, Lagu Anak, Lagu Melayu, Lagu Keroncong, Lagu Seriosa, Lagu Populer). (Online), (http://walpaperhd99.blogspot.co.id, Diakses pada Tanggal 27 Februari, 2018).

Imam, G. (2014). Metode Penelitian Kualitatf Toeri dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Irma, A. (2013). Manfaat dan Fungsi Musik. (Online), (http://irmaairmo.blogspot.co.id, Diakses pada Tanggal 02 Februari, 2018).

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: PT Perca.

Kosa, A. N. (2018). Lirik Lagu Indonesia. (Online), (https://liriklaguindonesia.net/, Diakses pada Tanggal 9 Maret 2018).

Pateda, M. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Parera, J.D. (2004). Teori Semantik. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pertama.

Podo, P.H. S. dkk. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Media Pustaka Phoenix.

Pramudya, A. W. (2011). Representasi Nilai-nilai Moral dalam Lirik Lagu Rap (Studi Semiotik Terhadap Lagu “Ngelmu Pring” yang Dipopulerkan oleh Group Musik Rap Rotra). (Online), (http://repository.upnyk.ac.id/1291/, Diakses pada Tanggal 18 April 2018).

Ratna, N. K. (2013). Entri Kajian Sastra, Seni dan sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rudi, H. (2016). Blog Rudi Haryanto. Love story. (Online), (http://rudilengkong.blogspot.com/2016/11/, Diakses pada Tanggal 9 Maret 2018).

Sukmadinata, S. N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabet.

Suparno, T. S. (2012). Beberapa Pendekatan Sosiologis dalam Penelitian Karawitan. (Online), (http://eprints.uny.ac,id/4965/1/, Diakses pada Tanggal 11 Juli 2018).

Siswantoro. (2014). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, F. (2015). Lirik Lagu Indonesia. (Online), (http://liriklaguindonesia.net/, diakses pada tanggal 9 Maret 2018).

Tempolagu. (2015). Pengertian Lirik Lagu dan Fungsinya Menurut Para Ahli. (Online). (https://www.tempolagu.com /2015/11/, Diakses pada Tanggal 9 Maret 2018).

Wulansari, D. (2009). Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung: PT Revika Aditama.

Wijana, P. D. (2015). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wikipedia. (2018). Genre Musik. (Online), (https://id.wikipedia, Diakses pada Tanggal 27 Februari, 2018).

Yuliantari, A. P. (2016). Molas Baju Wara: Hybridity in Manggarai Rap Music. (Online), (http://journal.unika.ac.id/index.php/celt/article/view/769, Diakses pada Tanggal 18 April 2018).

Published
2019-12-31
How to Cite
Yuliantari, A. P., & Abur, E. (2019). Makna Konotatif dalam Lirik Lagu Grup Musik Ecko Show. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 123-134. https://doi.org/10.36928/jpro.v2i2.573
Section
Articles