Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Pengumuman untuk Mahasiswa di Lingkungan STKIP Santu Paulus Ruteng
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan sintaksis yang meliputi (1) kesalahan penggunaan struktur frasa pada pengumuman yang ditempel pada papan pengumuman di lingkungan STKIP Santu Paulus Ruteng, (2) kesalahan penggunaan struktur kalimat pada pengumuman yang ditempel pada papan pengumuman di lingkungan STKIP Santu Paulus Ruteng. Penelitin ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah penggalan-penggalan pengumuman berupa frasa dan kalimat yang diduga mengandung kesalahan sintaksis yang bersumber dari pengumuman-pengumuman untuk mahasiswa. Untuk menjaring data digunakan metode observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpulkan dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua kesalahan sintaksis dalam pengumuman-pengumuman untuk mahasiswa yang ditempel pada papan pengumuman di lingkungan STKIP Santu Paulus Ruteng. Pertama, kesalahan penggunaan struktur frasa meliputi empat kesalahan, yaitu kesalahan penggunaan preposisi, kesalahan susunan kata, penjamakan yang ganda dan penggunaan unsur yang mubazir. Kedua, kesalahan penggunaan struktur kalimat meliputi enam kesalahan, yaitu kalimat yang tidak bersubjek dan berpredikat, kalimat buntung, kalimat yang tidak logis, kalimat yang ambiguitas, penggunaan konjungsi yang berlebihan dan penggunaan istilah asing.
References
Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryasumantri. (2009). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka.
Tarigan, D. dan Sulistyaningsih, L. S. (1987). Analisis kesalahan berbahasa. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Soedjito & Solchan. (2014). Surat Menyurat Resmi Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.