Kualitas Argumen pada Instrumen Tes USBN Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun 2019

  • Marianus Supar Jelahut Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Yuliana Merlina Rimbun Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: teks instrumen tes, berpikir kritis, argumen, argumen Toulmin

Abstract

Kualitas teks pada instrumen tes berbentuk pilihan ganda, ditentukan oleh struktur argumen. Penelitian ini menawarkan model Argumen Toulmin sebagai kerangka dasar uji kualitas argumen tekspada instrumen tes USBN Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Langke Rembong tahun 2019. Kerangka dasar logika Toulmin memuat enam elemen, yakni Claim, Data, Warrant, Modal Qualifier, Backing, dan Rebruttal. Teks dinyatakan berkualitas tinggi bila argumennya memuat minimal 4 elemen yakni Claim, Data, Warrant dan Backing.Penelitian didesain menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menerapkan teknik studi dokumen dilanjutkan dengan metode simak yang diwujudkan melalui teknik baca dan catat.Data dianalisis menggunakan metode analisis isi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan temuan yakni: Dari 25 argumen, ditemukan 3 kelompok pola pengembangan yakni: (1) Pola 2 elemen sebanyak 11 argumen, mencakup pola C-D, C-R dan C-D-C; Pola 3 elemen sebanyak 12 argumen,  mencakup pola C-D-W, C-D-W-C dan C-D-W-D-W; Pola 4 elemen sebanyak 2 argumen,  mencakup pola C-D-R-W dan C-D-W-MQ. (2)Argumen dalam teks pada instrumen tes USBN Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun 2019, cenderung hanya menggunakan 2 elemen yakni elemen Claim dan elemen Data.Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa berdasarkan perspektif Toulmin, kualitas argumen pada instrumen tes USBN Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Langke Rembong tahun 2019 perlu diperbaiki dari sisi kualitas.

References

Brookhart, S. M. (2010). Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. USA: ASCD.

BSNP. (2019). BSNP Rilis Kisi-Kisi USBN dan UN 2019 (http://bsnp-indonesia.org/2018/11/27/bsnp-rilis-kisi-kisi usbn-dan-un-2019/) (diunduh tanggal 25 April 2020).

Dafrida, Maria R. (2018). (“Pemanfaatan Elemen-Elemen Dasar Argumen dan Kadar Ketajaman dalam Esai Argumenatif”) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yokyakarta.

Davis, B.G. (2013). Perangkat Pembelajaran. Diterjemahkan oleh Elok Dianike. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dayantri, A. (2016). Pengembangan Sikap Toleran terhadap Perbedaan Pendapat Siswa melalui Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS dalam Jurnal Internasional Pedagogy of Social Studies Vol.I Nomor 1 halaman 1-10.

Deva, N. D., dkk. Analisis Kemampuan Argumenasi Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga pada Artikel Jurnal JKPK (Kimia dan Pendidikan Kimia), Vol III, Nomor 3 halaman 152-159.

Djemari, M. (2008). Teknik Penyusunan Tes dan Nontes. Yokyakarta: Cendikia.

Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Husain, N. (2013). Analisis Tes Bahasa Indonesia Peserta Dididk SMA Kabupaten Soppeng. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Keraf, G. (2007). Argumenasi dan Narasi Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nuh, M. (2013). Menyemahi Kreator Peradaban: Renungan tentang Pendidikan, Agama dan Budaya. Jakarata: Zaman.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pemsbelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yokyakarta: BPFE.

OECD. (2018c). The Future of Education and Skills, Education 2030.

(https://www.oecd.org/education/2030/E2030%20Position%20Paper%20) (Diunduh pada 30 Januari 2020).pdf.

Reynolds, C.R., Livingston, R.B., & Willson, V. (2010). Measurement andAssessment in Education. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Setyaningsih, Y. (2013). Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya dalam Teropong Kekinian. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Suyata, Pujiati, dkk. (2014). Standarisasi Instrumen Intergrated Assessmant Hasil Belajar Bahasa dengan Program QUEST dalam LITERA, Vol. 13, Nomor 2, halaman 364-377.

Toulmin, S. E., dkk. (1979). An Introdution to Reasioning. New York: McMillan Publishing.

Dokumen:

Naskah Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Tahun 2019. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur: Dinas Pendidikan-UPT Wilayah VII.

Published
2020-07-31
How to Cite
Jelahut, M. S., & Rimbun, Y. M. (2020). Kualitas Argumen pada Instrumen Tes USBN Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun 2019 . PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1), 29-39. https://doi.org/10.36928/jpro.v3i1.601
Section
Articles