Pola Kalimat Lisan dan Tulis Anak Autis

  • Yuvantinus Effrem Warung Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: Pola kalimat; lisan dan tertulis; anak autis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola-pola kalimat lisan dan tertulis yang terjadi pada anak autis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari empat informan yang telah ditentukan. Kriteria informan berdasar pada gangguan autisme yang mereka alami. Data diambil berdasarkan tuturan atau bahasa anak autis, baik secara lisan maupun tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode cakap dan metode simak. Kemudian, teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik rekam dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: (1) tahap reduksi data, (2) tahap penyajian data, dan (3) tahapan penyimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa lisan anak autis umumnya dibentuk oleh pola kalimat S-P, S-K, dan S-P-O. Sementara pola kalimat pada bahasa tulis anak autis dari data social media facebook S-P-KW-O., S-P-K-Pel., S-KW-P., dan S-P-Pel-Pel. Kemampuan berbahasa anak autis baik lisan maupun tulis sangat bergantung pada tingkatan autis yang dideritanya. Tingkat rendah akan sangat berbeda dengan tingkat sedang dan tingkat tinggi.

 

 

References

Alwi, H., dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Alwi, H., dkk. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. 2015. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cristie. 2007. Neuropsikolinguistik. Medan: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Fimawati, Y., Ni Made D., & Ni Wayan S. 2017. Kemampuan Berbahasa Anak Autis Tipe Pddnos di SLB Muhammadiyah Sidayu Gresik: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Linguistika. 24(47):203-220. https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/38182/23152.

Haron, M. 1997. “Kendala Komunikasi Manusia: Aspek Kecacatan Artikulasi”. Jurnal Dewan Bahasa. Edisi April 1997. Kuala Lumpur: University Malaya.
Prasetyo, B. 2010.Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: UniversitasTerbuka.

Simanjuntak, M. 2009. Pengantar Neuropsikolinguistik: Menelusuri Bahasa, Pemerolehan Bahasa, dan Hubungan Bahasa dengan Otak. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.`

Sunu. 2012. Terapi Anak Autisme, Anak Berbakat dan Anak Hiperaktif. Jakarta: Progress.

Yatim. 2003. Memahami Spektrum Autistik secara Holistik. Jakarta: Rineka cipta.

Veskarisyanti, G.A. 2008. Terapi Autis Paling Efektif dan Hemat. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

www.journals.elsevier.com/research-in-autism-spectrum-disorders/ diakses tanggal 28 April 2020.
Published
2020-07-31
How to Cite
Warung, Y. E. (2020). Pola Kalimat Lisan dan Tulis Anak Autis. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1), 100-106. https://doi.org/10.36928/jpro.v3i1.628
Section
Articles