Analisis Idiolek dan Dialek dalam Video Youtube Korea Reomit Full Jowo-An Sama Kakak-Kakakku

  • Rika Aulia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ramdhina Puteri Amanda Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: sosiolinguistik, idiolek, dialek, sosial media, youtube

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud idiolek dalam tuturan penutur yang terdapat dalam video youtube Korea Remoit beserta dialek yang digunakan oleh mereka. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik simak, baca, dan catat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan yang terdapat dalam sosial media youtube, tepatnya pada akun Korea Reomit. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa idiolek dan dialek berpengaruh pada variasi bahasa yang digunakan oleh penutur dalam video tersebut. Faktor yang memengaruhi terjadinya dialek serta idiolek hingga menyebabkan variasi bahasa yang digunakan oleh penutur adalah faktor sosial, latar belakang penutur, serta faktor daerah. Variasi bahasa ini biasanya terjadi tanpa sengaja jika penutur berinteraksi dengan orang lain. Hal ini membuktikan bahwa variasi bahasa memiliki ragam serta dapat digunakan oleh siapa pun baik secara disadari maupun tidak disadari.

References

Aslinda, A., & Syafyahya, L. (2010). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Deriananda, N. S. (2019). Analisis Saturi pada Lagu BTS “Paldogangsan.” Jakarta Selatan: Akademi Bahasa Asing Nasional, Universitas Nasional.

Lee, A. (2018). Belajar 사투리 (Saturi) Bahasa Daerah Korea. https://youtu.be/kA8kTy5ugOgMalabar, S. (2015). Sosiolingustik. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nuryani, N., Isnaniah, S., & Eliya, I. (2021). SOSIOLINGUISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA BERBBASIS MULTIKULTURAL: Teori dan Praktik Penelitian. Bogor: Penerbit IN MEDIA.

Poedjosoedarmo, S., Kundjana, T., Soepomo, G., & Suharso, A. (2013). Tingkat Tutur Bahasa Jawa. Yogyakarta: Kemendikbud Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://doi.org/10.31227/osf.io/k3q7u

Putri, S. C. (2018). Uniknya Bahasa Jawaku. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Suandi, I. N. (2014). Sosiolinguistik. Graha Ilmu.

Winasih, T. (2010). Pisuhan dalam “Basa Suroboyoan” Kajian Sosiolinguistik. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Published
2021-07-30
How to Cite
Aulia, R., & Amanda, R. P. (2021). Analisis Idiolek dan Dialek dalam Video Youtube Korea Reomit Full Jowo-An Sama Kakak-Kakakku. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 4(1), 27-32. https://doi.org/10.36928/jpro.v4i1.840
Section
Articles