PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM MENDESAIN KARTU MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Stefanus Divan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Remigius Baci Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Mikael Nardi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Heronimus E.A. Wejang Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Alfonsus Sam
  • Dewi Rofita Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: Kreativitas Guru, Media Kartu, MAN 2 Manggarai

Abstract

PKM ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kreativitas guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam mengembangkan media pembelajaran. Problem kreativitas ini membuat siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Implikasinya adalah hasil belajar siswa pun tidak memuaskan. PKM ini bertujuan untuk membantu kreativitas guru agar mampu menghasilkan media pembelajaran. Media pembelajaran di sini mengedepankan prinsip murah, mudah diperoleh, dan digunakan guru dan siswa. Tim memberikan pelatihan kepada para guru berupa media sederhana, yakni kartu, untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Metode PkM berupa ceramah, diskusi dan pelatihan. Kegiatan diskusi dan ceramah berisi penguatan pemahaman konsep berkaitan dengan pengembangan media kartu, sedangkan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam menggunakan media kartu. Hasil PKM menunjukkan bahwa penggunaan media kartu memiliki beberapa dampak: (1) partisipasi mitra meningkat, seperti bentuk ekspresi wajah yang riang dan suasana menjadi tidak kaku dan menyenangkan, baik ketika menjawab salah maupun saat menjawab benar; (2) mitra mampu mendesain kartu yang digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Divan, Stefanus. (2018). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan Berorentasi Pengembangan Domain Sikap. Ruteng. STKIP Santu Paulus.

Djamarah, S, Bahri dan Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2009). Pendidikan Dasar Teori Praktis. Jakarta: PT. Gramedia

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Umayah, Siti dkk. (2013). Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi Sebagai Media Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Kehidupan, Jurnal Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang USEJ 2

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Kencana.

Published
2020-05-19
How to Cite
Divan, S., Remigius Baci, Mikael Nardi, Heronimus E.A. Wejang, Alfonsus Sam, & Dewi Rofita. (2020). PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM MENDESAIN KARTU MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 85-92. https://doi.org/10.36928/jrt.v3i2.386