UPAYA EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN MANGGARAI NTT

  • Nur Dafiq dafiq UNIKA Santu Paulus Ruteng
  • Claudia Fariday Dewi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Nai Sema Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Sahrul Salam Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Keywords: Bullying, remaja, dampak psikologis, penyuluhan

Abstract

Kasus bullying di Indonesia menduduki peringkat teratas. Perilaku bullying sering kali terjadi apabila seseorang mempunyai kekurangan dalam dirinya baik itu secara fisik maupun mental.Dampak bullying bagi siswa dapat berupa menurunnya nafsu makan, sakit kepala, dan malu serta merasa takut unruk bergaul di lingkungan sosial. Peningkatan pemahaman siswa dan siswi terkait perilaku bullying dapat menurunkan kasus bullying.Kegiatan pengabdian dilakukan pada 4 sekolah di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat yaitu MAN 2 Langke Rembong, MAN Salahudin Nagalili, SMA Familia Lembor dan SMA Negri 1 Rahong Utara.Kegiatan dilakukan pada tahun 2019 dengan rentang waktu 1 Minggu.Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan remaja mengenai perilaku bullying serta konsekuensi dampak psikologis. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu dengan cara penyuluhan, dirancang dalam bentuk pemaparan materi serta diskusi dan tanya jawab. Kegiatan dilakukan dalam jangka waktu yang bebeda untuk tiap sekolah. Melalui kegiatan ini remaja mendapatkan pengetahuan tentang bullying, mengetahui bentuk dan faktor-faktor yang mempengaruhi bullying, jenis-jenis bullying serta cara melawan bullying agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kondisi psikis. Manfaat pelaksanaan kegiatan ini bagi sekolah yaitu adanya kesadaran pihak sekolah terhadap dampak buruk perilaku bullying sehingga dapat dilakukan berbagai kebijakan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kasus bullying di sekolah

References

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/1473/1047

Damayanti, dkk. (2016). Studi Kasus Dampak Psikologis Bullying pada Siswa Tunarungu di SMK Negeri 30 Jakarta.Jurnal Insight Vol 2(2), 86–90. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.14

Faizah, F., & Amna, Z. (2017). Bullying dan Kesehatan Mental Pada Remaja SMA di Banda Aceh. International Jurnal of Child and Gender Studies, 3(1), 77.

Fithria, dan Auli, R. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying.Idea Nursing Journal, 7(3), 9–17.

Harahap, E., & Ika Saputri, N. M. (2019). Dampak Psikologis Siswa Korban Bullying Di Sma Negeri 1 Barumun. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 68. https://doi.org/10.31604/ristekdik.v4i1.68-75

Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R. (2017).Bullying verbal menyebabkan depresi remaja SMA Kota Yogyakarta.Berita Kedokteran Masyarakat, 33(1), 43. https://doi.org/10.22146/bkm.8183

Masdin. (2013). Fenomena Bullying Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 2, 73–83.

Pratiwi, C, J., Ariestanti, Y. (2017). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Di Yayasan Pendidikan Bina Pangudi Luhur Jakarta Timur Tahun 2017.Jurnal Ilmu Bidang Kesehatan, Vol 10(2) 678-683

Putri, F., Suyanto, T. (2016). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di Smp Negeri 1 Mojokerto.Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(4), 62–76.

Rachman, D dan Syahrin A. M. N. (2018). Pelatihan Komunikasi Teman Sebaya Sebagai Upaya Meminimalisasi Bullying di Sekolah Menangah Atas negri (SMA) 16 Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam Vol 2(2) https://doi.org/10.24903/jam.v2i2.369

Republika News. (2016). 40 Persen Pelajar Kota Bogor Jadi Perundungan.. https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/16/06/15/o8tlky284-40-persen-pelajar-bogor-jadi-korban-perundungan diakes bulan Agustus 2020

Riauskina, I. I., Djuwita, R., dan Soesetio, S.R. (2005). ‘Gencet-gencetan’ di mata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah Kognitif tentang arti, skenario, dan dampak ‘gencet-gencetan’. Journal Psikologi Sosial, 12 (01), 1-13.

Sari, E. P. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal, Vol VIII No. 3

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Sucipto. (2012). Bullying Dan Upaya Meminimalisasikannya. Jurnal Psikopedagogia, 1(1).

Yamin, A., dkk. (2018). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Siswa-Siswi SPN 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat Vol 2 (4) 293-295

Published
2020-11-02
How to Cite
dafiq, N. D., Claudia Fariday Dewi, Nai Sema, & Sahrul Salam. (2020). UPAYA EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN MANGGARAI NTT. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120-129. https://doi.org/10.36928/jrt.v3i3.610