PEMANFAATAN MEDIA BIGBOOK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK B DI KECAMATAN LANGKE REMBONG

  • Adriani Tamo Ina Talu Program Studi PG-PAUD STKIP St. Paulus
  • Stephanus Turibius Rahmat Program Studi PG-PAUD STKIP St. Paulus
  • Theresia Alfiani Sum Program Studi PG-PAUD STKIP St. Paulus
Keywords: media bigbook, membaca permulaan, anak TK B

Abstract

Pemanfaatan Media Bigbook dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tk Kelompok B di Kecamatan Langke Rembong. Tujuan PkM ini adalah para guru mendapatkan pengetahuan tentang membuat media bigbook dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak TK Kelompok B. PkM ini dilakukan di sekolah mitra yaitu TK Inviolata Ruteng dan TK Dharma Wanita pada Juni 2017. Metode pelaksanaan kegiatan berbentuk pelatihan dan pendampingan yang meliputi empat tahap: perencanaan program, pelaksanaan program, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil yang dicapai dalam PkM ini adalah: (a) terbentuknya kelompok kerja guru berdasarkan kelompok kelas yang dilayani di TK; (b) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan media bigbook dengan pendekatan IPTEK terapan dalam mengembangkan berbagai kemampuan anak sesuai standar tingkat pencapaian perkembangan anak; (c) dihasilkan sebanyak 14 set (media bigbook) untuk anak TK kelompok A dan Kelompok B sesuai tema pembelajaran.

References

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Heinich, R., et. al. (1996) Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Haryati Tatik. 2014. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Gambar” Jurnal PAUD, Volume 8, No. 1.

Heryani Tuti & Pupu Saeful Rahmat. 2014. “Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata.” Jurnal PAUD, Volume 8, No. 1.

Ibrahim, H. 1997. Media Pembelajaran: Arti, Fungsi, Landasan Pengunaan, Klasifikasi, Pemilihan, Karakteristik OHT, Opaque, Filmstrip, Slide, Film, Video, Tv, dan Penulisan Naskah Slide. Bahan sajian program pendidikan akta mengajar III-IV. FIP-IKIP Malang.

Oemar Hamalik. 1986. Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Sadiman, A.S. 1986. Media Pendidikan: Pengeratian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali.

Sudono, Anggani. 2004. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta : Grasindo
Published
2019-01-21
How to Cite
Adriani Tamo Ina Talu, Stephanus Turibius Rahmat, & Theresia Alfiani Sum. (2019). PEMANFAATAN MEDIA BIGBOOK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK B DI KECAMATAN LANGKE REMBONG. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 79-84. https://doi.org/10.36928/jrt.v2i1.285