UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI TRANSLASI DAN REFLEKSI KELAS DI SMP
Abstract
Trend pembelajaran abad-21 adalah mengkondisikan siswa untuk dapat menyelesaikan masalah yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Harapan ini dapat dicapai melalui pembiasaan memecahkan masalah dalam pembelajaran yang direncanakan dengan sistematis. Sehubungan dengan itu tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Santu Fransiskus Xaverius Ruteng menggunakan model problem-based learning (PBL). Materi yang manjadi focus analisis adalah translasi dan refleksi. Dalam mencapai tujian tersebut, penelitian tindakan kelas diterapkan sebagai bagian dari penelitian deskriptif dimana hasil belajar matematika dideskripsikan untuk tiap siklus dan dianalisis peningkatan tiap siklusnya. Dari hasil analisis deskriptif disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi translasi dan refleksi. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan rerata pada tiap siklus. Dengan hasil ini direkomendasikan untuk menerapakn model pembelajaran serupa pada materi terkait lainnya.
(The 21st-century learning trend is to condition students to be able to solve problems that will be useful in everyday life. This hope can be achieved through the habit of solving problems in systematically planned learning. In this regard, the purpose of this study was to analyze the improvement in mathematics learning outcomes of class IX students at the Catholic Junior High School (SMPK) Santu Francis Xavier Ruteng using a problem-based learning model. The material that becomes the focus of the analysis is translation and reflection. In achieving this goal, classroom action research is applied as part of descriptive research where mathematics learning outcomes are described for each cycle and the improvement of each cycle is analyzed. From the results of the descriptive analysis, it was concluded that the application of problem-based learning models can improve students' mathematics learning outcomes in translation and reflection material. This can be seen from the average increase in each cycle. With these results, it is recommended to apply a similar learning model to other related materials).
Downloads
References
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458.
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendiidkan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i10.17132
Farisi, S. Al, Yuhasriati, & Usman. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Open-ended dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(2), 121–129.
Ge, X., & Huang, K. (2023). Designing Online Learning Environments to Support Problem-Based Learning. In Handbook of open, distance and digital education (pp. 1269–1286). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-19-2080-6_76
Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor penghambat guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran VOL., 1(3), 191–198. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.25
Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan sial PISA. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25–33.
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12
Mustofa, A., & Muadzin, A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendahuluan. Journal of Islamic Education ANNABA, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102
Pamungkas, M. D., Franita, Y., Studi, P., Matematika, P., & Tidar, U. (2019). Keefektifan problame based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Samsudin, M. A., Situbondo, U. I., & Activities, L. (2021). Peran guru profesional fasilitator dan komunikator dalam kegiatan belajar mengajar. Journal Edupedia, 5(2), 124–132.
Saumi, N. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Shofiya, S., Sartika, S. B., & Sidoarjo, U. M. (2020). Peran guru IPA SMA sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar dari rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 112–117.
Srirahmawati, I. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020 / 2021. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2, 114–123.
Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Course Review Horay dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. 2020, 15(2), 74–86.
Trullàs, J. C., Blay, C., Sarri, E., & Pujol, R. (2022). Effectiveness of problem ‑ based learning methodology in undergraduate medical education : a scoping review. BMC Medical Education, 22(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03154-8