PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKAS MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Langke Rembong Manggarai NTT dengan jumlah 152 orang pada tahun ajara 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan random kelas. Sampel penelitian pada kelas eksperimen yaitu kelas VIII B dan kelas VIII A yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji-t. Dari analisis data ditemukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan geogebra berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pembahasan tentang temuan baru dan kelemahan penelitian disajikan sebagai ide dasar untuk penelitian lebih lanjut.
(This research was conducted to analyze differences in mathematical communication skills between students who were taught using the STAD type cooperative learning model assisted by Geogebra and students who received conventional learning. The method used is quasi-experimental research using a posttest-only control group design. The population in the study were all Grade VIII students of SMPN 5 Langke Rembong Manggarai NTT with a total of 152 people in the 2022/2023 academic year. Sampling was done by random class. The research samples in the experimental class were class VIII B and class VIII A, totaling 29 students as the control class. The instrument used in this study is a description test. The analysis technique used is the t-test. From the data analysis it was found that the STAD type cooperative learning model assisted by Geogebra had a positive effect on students' mathematical communication skills. A discussion of the new findings and research weaknesses is presented as a basic idea for further research).
Downloads
References
Aksu, N., & Zengin, Y. (2022). Disclosure of students’ mathematical reasoning through collaborative technology-enhanced learning environment. Education and Information Technologies, 27(2), 1609–1634. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10686-x
Ariawan, R. & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems, 1(2), 82-91.
Astafieva, M., Hlushak, O., & Lytvyn, O. (2021). GeoGebra Classroom as a Component for the ICT support of Inquiry-based Mathematics Education in Blended Learning. CEUR Workshop Proceedings, 3013, 419–427
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 5(2), 120-133.
Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 194-202.
Fathani, A, & H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Dalam Sekolah Perspektif Multiple Intelegences. Jurnal EduSains, (4), 2.
Fatimah. (2018). Penggunaan Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Ibtida’i, 5(1), 100-101.
Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas melalui model pembelajaran generatif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 78.
Ikhsanudin, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Wingeom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Sma. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 3(1), 40–49. https://doi.org/10.24127/ajpm.v3i1.380
Johar, R., Junita, E., & Saminan, S. (2018). Students’ Mathematical Communication Ability and Self-Efficacy Using Team Quiz Learning Model. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 203. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i2.8702
Kania, N. (2018). Software Geogebra untuk meningkatkan komunikasi matematis pada materi Graf. jurnal THEOREMS (The Original Research of mathematics), 3(1), 22-31.
Koparan, T. (2015). The effect of dynamic geometry software on prospective teachers’ achievement about locus problems. Turkish Online Journal of Educational Technology, 2, 587–591.
Kusumah, Y. S. (2020). The effect of geogebra in three-dimensional geometry learning on students’ mathematical communication ability. International Journal of Instruction, 13(2), 895–908. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13260a
Maryono, I., Rodiah, S., & Syaf, A. H. (2021). Mathematical communication skills of students through GeoGebra-assisted ELPSA approach. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012144
Priatna, N. (2017). The application of brain-based learning principles aided by GeoGebra to improve mathematical representation ability. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868). https://doi.org/10.1063/1.4995157
Riansyah, M., Hardianti, D., & Asyhara, S. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Nht Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 3(1), 81–90. https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.152
Supardi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan. Al-jabar. jurnal pemdidikan matematika, 90-109.
Tamur, M., Ndiung, S., Weinhandl, R., Wijaya, T. T., Jehadus, E., & Sennen, E. (2023). Meta-Analysis of Computer-Based Mathematics Learning in the Last Decade Scopus Database: Trends and Implications. Infinity Journal, 12(1), 101. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p101-116
Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Mandiri, 529.
Wicaksono, M. A., & Agustyaningrum, N. (2018). Efektifitas Pendekatan CTL dan PBL dengan Setting Kooperatif Tipe STAD ditinjau dari Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Cahaya Pendidikan, 4(1), 23–35.